Peringati Hari Dharma Karya Dhika ke 78, Kalapas Parepare Bersama Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Gelar Kegiatan Donor Darah

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Bertempat di Aula Tribun Lapas IIA Parepare dilaksanakan Kegiatan Donor Darah bekerjasama dengan PMI Kota Parepare dalam rangka memperingati Hari Kemenkumham “Hari Dharma Karya Dhika” Ke-78 Tahun 2023 berdasarkan Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Nomor : SEK-UM.04.01-506 tanggal 03 Juli 2023 hal Pedoman Pelaksanaan Rangkaian Peringatan Hari Kemenkumham ‘Hari Dharma Karya Dhika’ Ke-78 Tahun 2023. Dengan tema, ”Kemenkumham Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju”, Kamis (13/07/2023).

Kegiatan ini dibuka secara bersama oleh Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare Arief Eka Riyanto, Amd.IM, SH, MH.

Bacaan Lainnya

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH menyampaikan bahwa kegiatan donor darah yang dilakukan hari ini merupakan kegiatan partisipasi sosial dan kepedulian terhadap sesama dalam membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Donor darah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, mengurangi jumlah kolesterol jahat, meningkatkan produksi sel darah merah. Sebelum melakukan donor darah diharapkan seluruh peserta terlebih dulu mengisi formulir permohonan selanjutnya dilakukan observasi oleh petugas medis dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan wawancara kepada calon pendonor. Pemeriksanaan dilakukan petugas PMI dan akan diarahkan oleh petugas kesehatan dari Lapas IIA Parepare. Adapun peserta kegiatan donor darah ini bukan hanya dari petugas Lapas IIA Parepare dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare namun juga Ibu Dharma Wanita Persatuan Lapas IIA Parepare, personil Brimob Batalyon Pelopor B Kota Parepare dan Personil Kodim 1405/Mallusetasi Kota Parepare. Hal ini sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi antara Lapas IIA Parepare dengan stakeholder terkait.

Kepala Lapas IIA Parepare dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah pada hari ini dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika Ke – 78 Tahun 2023, terutama juga kepada seluruh panitia pelaksana, anggota Dharma Wanita Persatuan Lapas IIA Parepare, Kepala PMI Kota Parepare, Komandan Brimob Batalyon Pelopor B Kota Parepare dan Komandan Kodim 1405/Mallusetasi Kota Parepare.

Adapun hasil pelaksanaan kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika Ke – 78 Tahun 2023 mendapatkan 51 (Lima Puluh Satu) kantong darah dengan rincian sebagai berikut:
1. Petugas Lapas IIA Parepare 7 orang,
2. Personil Brimob Batalyon Pelopor B Kota Parepare 15 orang,
3. Personil Kodim 1405/Mallusetasi Kota Parepare 14 orang,
4. Petugas Imigrasi Kelas II TPI Parepare 14 orang,
5. Dharma Wanita Persatuan Lapas IIA Parepare 1 orang.

Pesan moral Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Sulawesi Selatan Bapak Liberty Sitinjak bahwa setetes darah yang saudara donorkan akan memberikan manfaat bagi orang lain yang membutuhkan dan sebaik – baiknya manusia adalah dia yang bermanfaat bagi orang lain.

Seluruh pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan tertib serta tetap memperhatikan protokol kesehatan. (rilis)

Pos terkait