Perjalanan Karir Irjen Pol Yudhiawan Wibisono dari Kapolrestabes Makassar hingga Ditunjuk jadi Kapolda Sulsel

  • Whatsapp

Irjen Pol Yudhiawan Wibisono bersama Pimred Kumbanews Muh.Yusuf Hafid

Kumbanews.com – Perjalanan karir Irjen Pol Yudhiawan Wibisono, dirangkum dari berbagai sumber dimulai di Polri sebagai Pamapta Polres Brebes pada 1991, dan kemudian menjabat sebagai Kasat Sabhara Polres Brebes. Pada 1993, ia menjadi Kapolsektif Brebes, sebelum melanjutkan kariernya sebagai Kasat Reserse Polres Batang pada 1995.

Bacaan Lainnya

Yudhiawan menjabat sebagai Kabagops Polres Tabanan, Bali, dan pada 2001, ia menjadi Kabagops Poltabes Denpasar.

Pada 2004, Yudhiawan mengemban tugas sebagai Wakapolres Badung dan dilanjutkan sebagai Wakapolres Karangasem pada 2005.

Setelahnya, Yudhiawan bergabung dalam tim penyidik di KPK, dan pada 2012, ia menjabat sebagai Kasubdit IV Dittipidkor Bareskrim Polri.

Tahun 2016, Yudhiawan menjadi Dirreskrimsus Polda Sulsel, lalu menjabat sebagai Kapolrestabes Makassar pada 2019, sebelum menjadi Korwil KPK pada 2020.

Pada tahun 2021, Yudhiawan ditunjuk sebagai Direktur Koordinasi dan Supervisi II KPK, dan pada 2023, ia menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Politik Kapolri.

” Tahun 2023-2024, Yudhiawan menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara, sebelum akhirnya ditunjuk sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.Setelah keluar surat mutasi itu tertuang dalam nomor ST/2098/lX/kep/2024. Irjen Andi Rian dimutasi pindah ke sumsel dan di ganti oleh Irjen Yudiawan sebagai kapolda Sulsel , sebelumnya pernah Menjabat sebagai Kapolrestabes makassar.

Irjen Yudhiawan dikenal sebagai sosok yang berpengalaman dalam menangani berbagai kasus besar, termasuk tindak pidana korupsi.

Kemampuannya dalam memimpin di berbagai wilayah dan tugas strategis Polri membuatnya dipercaya untuk menjabat sebagai Kapolda di dua provinsi besar, yakni Sulawesi Utara dan kini Sulawesi Selatan.(*)

Pos terkait