Potret Kehidupan Wanita Suku Antapani Sumbat Hidung Pakai Logam agar Tak Diculik

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Umunya, setiap suku yang ada di berbagai negara memiliki tradisi masing-masing, tak terkecuali seperti Suku Antapani yang mendiami sebuah desa kecil di lembah Ziro, India.

Para wanita Suku Antapani dikenal memiliki paras cantik, maka tak heran banyak lelaki dari suku lain yang mengaguminya. Namun sayangnya, karena kecantikannya, wanita suku ini sering diculik dan tidak pernah kembali.

Melihat kejadian ini, pemimpin Suku Antapani memutuskan agar para wanita di sana memakai penyumbat hidung yang melingkar, atau dikenal yaping hurlo. Penyumbat ini ditempatkan di kedua sisi hidung mereka, agar wajahnya terlihat tidak menarik lagi.

otret Tato dan Penyumbat Hidung Suku Antapani (Foto:Flickr / Donatella Venturi)

Alat penyumbat tersebut dibuat dari batang-batang kayu yang ada di hutan sekitar pemukiman. Cara pembuatannya pun terbilang mudah. Cukup menghaluskan batang kayu, kemudian dibakar ujungnya dan menggosokkannya pada permukaan keras serta halus.

anita Suku Antapani Menggunakan Yaping Hurlo (Foto:Flickr / Rita Willaert)

Selama proses ini, kebersihan kayu juga harus diperhatikan dan dijaga. Hal ini dilakukan demi mengurangi risiko cedera di hidung.

Rupanya, selain hidung yang disumbat, wajah mereka juga ditato. Namun, tatonya terbilang cukup sederhana, hanya berupa garis yang digoreskan dari dahi hingga ke ujung hidung mereka.

Sayangnya, sejak tahun 1970-an tradisi ini sudah mulai ditinggalkan karena pemerintah melarangnya. Maka tak heran, hanya wanita yang sudah berumur saja yang terlihat masih menggunakan penyumbat hidung ini.

Pos terkait