Semakin Tegang, Korea Utara Ledakkan Kantor Penghubung Antar-Korea

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Korea Utara tampaknya tidak main-main dengan peringatannya. Pasalnya, Korea Utara dikabarkan telah meledakan kantor penghubung antar-Korea yang terletak di kota perbatasan Kaesong.

Jurubicara Kementerian Unifikasi Korea di Seoul mengungkap, kantor penghubung diledakan pada Selasa sore (16/6).

Bacaan Lainnya

“Korea Utara meledakan Kantor Penghubung Kaesong pada pukul 14.49 (waktu setempat),” ujar jurubicara kementerian seperti yang dikutip dari CNA.

Dari laporan kantor berita Yonhap, terdengar suara ledakan yang disusul oleh kepulan asap dari kota tersebut.

Dalam sebuah pernyataan sebelumnya, Korea Utara mengatakan siap untuk mengambil tindakan militer atas ulah para pemberontak yang menyebarkan selebaran propaganda di perbatasan.

Staf Umum Tentara Rakyat Korea (KPA) pada hari yang sama mengatakan, pihaknya telah mempelajari rencana aksi untuk memasuki Zona Demiliterisasi (DMZ) sebagai benteng pertahanan sesuai dengan pakta antar-Korea.

“Tentara kami akan dengan cepat dan menyeluruh mengimplementasikan setiap keputusan dan perintah partai serta pemerintah,” ujar KPA yang dikutip oleh KCNA.

Ketegangan antara Pyongyang dan Seoul baru-baru ini dipicu oleh aksi beberapa kelompok pembelot yang secara teratur mengirim selebaran, bersama dengan makanan, uang kertas satu dolar AS, radio minik, hingga USB yang berisi drama dan berita dari Korea Selatan.

Pengiriman “paket” tersebut biasanya dilakukan dengan menggunakan balon di perbatasan atau botol melalui sungai. Menanggapi hal tersebut, Korea Utara memperingatkan akan memutus hubungan antar-Korea jika Korea Selatan tidak segera melakukan tindakan tegas terhadap aksi para pembelot. (Rm)

Pos terkait