Sudjiwo Tedjo Bandingkan Pengakuan Keluarga ABK Kapal China dan Menlu: Mengizinkan Tak Harus Tahu

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Kasus ABK Indonesia yang jenazahnya dilarung ke laut di kapal China menyita perhatian banyak pihak.

Salah satunya adalah budayawan Sudjiwo Tedjo.

Bacaan Lainnya

Ia menyoroti pemberitaan yang menyebut kalau keluarga ABKIndonesia itu tak tahu jenazah anaknya dilarung ke laut.

Padahal sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi persnya mengatakan kalau pelarungan itu atas persetujuan keluarga.

Hal itu pun membuat Sudjiwo Tedjo bingung akan kebenarannya.

Pada akun Twitternya, Sudjiwo Tedjo menulis Tweet pada artikel berita soal keluarga pengakuan keluaga ABK Indonesia.

Artikel itu berjudul “Keluarga Tidak Tahu Jenazah ABK Kapal China Dilarung ke Laut”.

Ia tampak bingung sebab ia pernah membaca berita sebelumnya bahwa pelarungan itu atas izin keluarga.

Sudjiwo Tedjo pun dibuat bingung dengan dua pertanyaan yang bertentangan tersebut.

“Jika ini benar, kok aku jadi bingung.

Krn menurut berita kemarin, kalau beritanya jg benar,

pelarungan jenazah itu atas izin keluarga,” tulis Sudjiwo Tedjo.

Berita yang ia maksud yakni pernyataan Menlu Retno Mashudi.

Ia pun kemudian menyandingkan kedua pernyataan bertentangan itu.

Lalu, Sudjiwo Tedjo mencoba mengambil kesimpulan dari kedua berita itu.

Jika kedua berita itu sama-sama benar, menurutnya bisa diambil kesimpulan kalau mengizinkan itu tidak harus mengetahui.

Tentu saja, hal itu hanya sindiran Sudjiwo Tedjo saja.

“Jika kedua berita ini benar, kesimpulannya:

Mengizinkan tidak harus mengetahui.

Kalau aku mengizinkan kamu memutuskan aku,

aku kan nggak harus tahu saat kamu bilang “Lo-gue end” … betul?,” tulis Sudjiwo Tedjo lagi.

Hal serupa juga dipertanyakan oleh Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

 

Ia tak yakin dengan pernyataan Menlu Retno soal pemulsaran atas izin keluarga.

Dilansir dari Kompas.com, Menteri Luar Negeri Retno Marsudimengungkapkan kronologi kematian empat anak buah kapal ( ABK) Indonesia di kapal ikan berbendera China yang tengah menjadi sorotan pemberitaan media Korea Selatan.

Berdasarkan keterangan Retno, ada tiga ABK Indonesia yang meninggal dunia di kapal China dan dilarung ke laut. Sementara itu, satu ABK meninggal dunia di rumah sakit.

Retno mengatakan, tiga ABK Indonesia yang dilarung ke laut itu merupakan awak kapal dari Kapal Long Xin 629.

Pertama, ABK berinisial AR mengalami sakit pada 26 Maret 2020, kemudian dipindahkan ke Kapal Tian Yu nomor 8 untuk diobati di pelabuhan.

Namun, belum sempat menerima pengobatan, AR meninggal dunia pada 31 Maret 2020.

AR pun dilarung ke laut atas persetujuan keluarga.

“Dari informasi yang diperoleh KBRI pihak kapal telah memberi tahu pihak keluarga dan mendapat surat persetujuan pelarungan di laut dari kelurga tertanggal 3 maret 2020, pihak keluarga juga sepakat menerima kompensasi kematian dari kapal Tian Yu 8,” kata Retno melalui video konferensi, Kamis (7/5/2020) .

Sementara itu, Retno mengatakan, dua ABK Indonesia lainnya meninggal dunia di Kapal Long Xin 629 saat berlayar di Samudera Pasifik pada Desember 2019.

“Terkait dua WNI desember itu KBRI Beijing telah menyampaikan nota diplomatik meminta penjelasan atas kasus ini,” ujar dia.

Retno mengatakan, terkait dua ABK Indonesia yang dilarung pada Desember 2019, Kemenlu telah menghubungi pihak keluarga agar hak-hak ABK tersebut dapat terpenuhi.

Ia juga mengatakan, pada 26 April 2020 KBRI Seoul mendapatkan informasi ada satu ABK Indonesia dari Kapal Long Xin 629 berinisial EP yang mengalami sakit.

Namun, EP meninggal dunia ketika dibawa ke rumah sakit di Pelabuhan Busan.

“Atas permintaan KBRI, agen untuk bawa ke RS tapi saudara EP meninggal di RS. Dari keterangan kematian Busan Medical Center, beliau meninggal karena pneumonia. Saat ini, diurus kepulangan jenazah,” ucap dia

Kata Keluarga

Sementara itu, dilansir dari TribunSumsel, viralnya dua ABKkapal China yang membuang mayat ABK Indonesia bernama Sepri (24) dan Ari (24) membuka kebohongan pihak perusahaan yang merekrut keduanya.

Kedua korban diketahui bekerja melalui perusahaan yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Pemalang.

Pihak keluarga korban memang telah mengetahui meninggalnya keduanya di kapal bernama Long Xing 629, telah diperoleh keluarga sejak awal tahun tadi.

Namun  setahu mereka, kedua ABK Indonesia yang merupakan warga Desa Serdang Menang, Kecamatan SP Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir ( OKI), Sumatera Selatan, korban dimakamkan di China bukan dibuang ke laut.

Rika Andri, Kakak kandung Sepri kepada tribunsumsel,com, Jumat (8/5/2020) menceritakan, adiknya meninggalkan desa sudah sekitar setahun yang lalu.

“Sekitar Februari 2019 adik saya pergi ke Jawa untuk bekerja, dan sejak itulah tidak ada lagi komunikasi dengannya atau hilang kontak,” ucapnya.

Setelah sekian lama menunggu, pihak keluargapun akhirnya mendapatkan informasi dari perusahaan.

“Barulah pada tanggal 6 Januari 2020 lalu kami mendapatkan informasi melalui telepon dari pihak perusahaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rika menceritakan saat itu pihak perusahaan menyuruh keluarga untuk datang ke sana dengan menanggung seluruh biaya transportasi sendiri.

“Awalnya perusahaan tidak menceritakan mengenai kematian korban, hanya saja kami disuruh datang terlebih dahulu kesana,”

“Kami sempat menolak karena tidak memiliki ongkos, tetapi perusahaan menyatakan akan membayar biaya perjalanan pulang pergi. Jadi kami memutuskan berangkat ke sana,” ujarnya.

Setelah sampai ditujuan yang dimaksud, barulah keluarga diberitahu bahwa Sepri sudah meninggal pada tanggal 21 Desember.

“Begitu saya ketemu dengan pihak perusahaan, kita dikejutkan dengan kabar kalau Sepri sudah meninggal karena sakit dan jenazahnya sudah dimakamkan di Cina, kami menerima hal tersebut,” ungkapnya.

Ditambahkan Rika, tidak lama berselang setelah mengetahui hal yang sebenarnya dari pemberitaan yang telah viral, keluarga langsung menghubungi kembali perusahaan.

“Setelah kami menghubungi perusahaan dan mendapatkan perihal yang sebenarnya kalau jenazah tidak dimakamkan justru dibuang ke laut,”

“Karena itu kami tidak terima karena merasa telah dibohongi, untuk selanjutnya saya meminta dilakukan penyelidikan karena selama ini Sepri tidak memiliki riwayat penyakit apapun,” tegas Rika. (*)

Pos terkait