Taipan Investor Vaksin Jadi Orang Terkaya di China, Kalahkan Jack Ma

  • Whatsapp

Zhong Shanshan

Kumbanews.com – Zhong Shanshan, seorang taipan pengusaha air kemasan sekaligus investor perusahaan biofarmasi menjadi orang terkaya di China, menggeser Jack Ma.

Bacaan Lainnya

Pendiri Alibaba Group tersebut ditendang dari posisi nomor satu daftar orang terkaya di China dengan selisih dua miliar dolar AS.

Dimuat Bloomberg Billionaires Index pada Rabu (23/9), kekayaan Zhong saat ini mencapai 58,7 miliar dolar AS. Dengan begitu, ia juga menjadi orang terkaya nomor dua di Asia, setelah Mukesh Ambani dari India.

Sementara secara global, Zhong berada di urutan ke-17, di depan Charles Koch dan Phil Knight.

Peningkatan kekayaan Zhong terjadi setelah perusahaan air minum kemasannya, Nongfu Spring Co menjadi populer di Hong Kong. Alhasil, ia menjadi orang terkaya nomor tiga di China pada awal September.

Setelah itu, saham perusahaan pembuat vaksin, Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co meningkat, di mana Zhong merupakan salah satu investor utamanya. Hal tersebut membuat kekayaan bersihnya menjadi 20 miliar dolar AS pada awal Agustus.

Zhong selama ini dijuluki sebagai “Lone Wolf” karena menghindari politik dan klub bisnis. Pada 2020, kekayaannya melonjak hampir 52 miliar dolar AS, lebih dari siapa pun di dunia kecuali pendiri Amazon, Jeff Bezos dan pendiri Tesla, Elon Musk.

Nama Zhong sendiri menjadi suatu hal yang tidak biasa. Lantaran posisi teratas orang tekaya di China biasanya ditempati oleh pengusaha teknologi.

Selain itu, posisi Zhong kemungkinan besar akan diambil alih kembali oleh Jack Ma jika Alibaba Group mencapai penilaian 250 miliar dolar AS.(rm)

 

 

Pos terkait