Telepon Zelensky, Biden Janji Kirim Bantuan Militer Secepatnya

  • Whatsapp

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden/Net

Kumbanews.com – Bantuan militer bernilai miliaran dolar yang dijanjikan Amerika Serikat akan segera dikirimkan ke Ukraina untuk membantu perangnya melawan Rusia.

Bacaan Lainnya

Komitmen itu disampaikan oleh Presiden AS, Joe Biden dalam panggilan telepon dengan rekannya Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky pada Senin (22/4).

Dalam kesempatan itu, Biden kembali menyuarakan dukungan Washington yang tidak tergoyahkan untuk Kyiv.

Dia juga berjanji pada Zelensky untuk mempercepat pengiriman senjata, tak lama setelah undang-undang terkait paket keamanan disahkan oleh senat dan ditandatangani Biden.

“AS akan segera memberikan paket bantuan keamanan baru yang signifikan untuk memenuhi kebutuhan mendesak di medan perang dan pertahanan udara Ukraina,” ujar Biden, seperti dimuat AFP.

Dalam unggahan di sosial media, Zelensky mengucapkan terima kasih kepada Biden atas dukungan kuat yang diberikan AS terhadap Ukraina.

Dia juga mengatakan, Biden memberitahunya bahwa persenjataan dan perangkat keras lainnya yang disediakan dalam paket bantuan militer mendatang akan mamperkuat pertahanan udara serta artileri Ukraina.

Diungkap Zelensky, selama panggilan telepon keduanya juga membahas serangan terbaru yang dilancarkan Rusia hingga merobohkan menara televisi besar di kota Kharkiv.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)AS pekan lalu menyetujui paket bantuan luar negeri yang sangat besar, mencakup 61 miliar dolar AS akan dialirkan untuk membantu perang Ukraina.

Senat diperkirakan akan meloloskan paket bantuan tersebut pekan ini, sebelum akhirnya ditandatangani Biden sebagai undang-undang.

RMOL

Pos terkait