45 Kapal Phinisi Akan Mengarak Obor Asian Games di Makassar

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Torch relay atau kirab obor api Asian Games akan melintasi enam daerah bagian selatan di Propinsi Sulawesi Selatan yakni Kota Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Kabupaten Bulukumba. Penjemputan pertama obor api perhelatan pesta olahraga ini berawal di Lanud Sultan Hasanuddin, Sabtu, (28/7). Selanjutnya diarak ke lima daerah itu dan kembali ke Makassar selanjutnya ke Banjarmasin.

“Tujuan torch relay ini adalah untuk mensosialisasikan Asian Games ke masyarakat Indonesia sekaligus kesempatan bagi pemerintah-pemerintah daerah untuk mempromosikan aset-aset wisatanya masing-masing,” kata Sekretaris Propinsi Sulsel, Tautoto TR saat memimpin rapat final check persiapan untuk menerima obor api Asian Games tersebut di ruang rapat pimpinan lantai 2, kantor Gubernur Sulsel, Senin, 23 Juli 2018.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam rapat ini, Kadispora Sulsel, Sri Endang Sukarsih, pejabat daerah dari enam daerah yang dilintasi dan berperan sebagai tuan rumah, unsur TNI Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Angkatan Udara serta pihak dari INASGOC selaku event organizer dan Grab wilayah Makassar selaku salah satu sponsor.

“Secara umum rute kirab ini mulai Sabtu pagi pesawat boing 7307 yang membawa obor api dalam tinder box tiba di Lanud Sultan Hasanuddin, diterima oleh Pangkoopsau II dan Komandan Lanud Hasanuddin, disambut tarian-tarian adat dan aktraksi budaya. Selanjutnya di arak ke enam. Pemkab dan Pemkot membuat penyambutan bernuansa adat untuk menjual potensi wisatanya masing-masing. Obor api akan menginap di Pantai Bira, destinasi wisata andalan Kabupaten Bulukumba dan diarak kembali ke Makassar,” kata Tautoto.

Saat ke Makassar, Senin, 30 Juli 2018, akan diantar 45 perahu phinisi sesuai jumlah negara peserta Asian Games. Selanjutnya tiba di pelabuhan laut Soekarno Hatta diarak ke Mako Layang, Pangkalan Utama AL (Lantamal) VI, Makassar disambut Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Dari sini, obor api Asian Games dikawal KRI Dewa Ruci menuju Pantai Losari.

“Di Pantai Losari, pihak Pemkot Makassar yang siapkan kegiatan penyambutan antara lain juga diisi tari-tarian dan aktraksi budaya. Senin sore pukul 17.00 wita, obor api Asian Games diantar ke Rujab Gubernur Sulsel dan menginap di situ. Esok harinya dijadwalkan terbang ke Banjarmasin,” kata Tautoto TR.

Ditambahkan, untuk keamanan dan kelancaran perjalanan obor api Asian Games ini telah dikoordinasikan dengan semua elemen keamanan. (**)

Pos terkait