Besok, Pemkab Maros Mulai Buka Pendaftaran Calon Pimpinan Baznas

  • Whatsapp

Kumbanews.com — Pemerintah Kabupaten Maros melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) mulai membuka seleksi calon pimpinan Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Maros.

Proses seleksi capim Baznas Maros ini didasari Surat Ketua Baznas RI Nomor : B/2836/BPR-BHKL/KETUA/KD.02.05/VI/2023, tanggal 16 Juni 2023, perihal himbauan berakhir masa kerja pimpinan Baznas Kabupaten Maros 2019-2024.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Capim) Baznas Kabupaten Maros, Amiruddin mengatakan proses seleksi Capim Baznas ini dilakukan karena masa kerja pimpinan Baznas Maros akan berakhir.

“Jadi memang jabatan pimpinan Baznas Maros akan berakhir 1 Maret 2024. Makanya kita mulai membuka seleksi berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati Maros Nomor 960/KPTS/400/VIII/2023 tentang pembentukanPanitia Selksi Calon Pimpinan Baznas Maros Periode 2024-2029,” ungkap pria yang juga menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Maros.

Dia mengatakan kalau ada beberapa persyaratan umum dan khusus yang harus dipenuhi pendaftar.

“Untuk persyaratan umum yangvharus dipenuhi itu diantaranya berusia paling sedikit 40 tahun, tidak menjadi anggota partai politik, tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis, tidak merangkap jabatan sebagai pengurus dan atau pegawai pengelola zakat,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, proses seleksi Capim Baznas Maros ini akan dilakukan melalui tiga tahapan.

“Tahap I itu seleksi administrasi, tahap II uji kompetensi (tes tertulis) dan ke III tahap wawancara,” sebutnya.

Tahapan seleksi akan mulai dibuka Senin, 11 September.

“Pengumuman seleksi dan pendaftaran akan mulai dibuka Senin, 11 September hingga 6 November mendatang,” ungkapnya.

Selanjutnya kata dia, jika pendaftar dianggap belum memenuhi jumlah yang dibutuhkan maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran.

“Jadi calon pimpinan Baznas Maros yang akan dipilih dan diusulkan ke Badan Pertimbangan Baznas pusat berjumlah 10 orang yang akan mengikuti verifikasi faktual. Dan akan dinyatakan lulus sebanyak lima orang untuk mendapatkan rekomendasi menjadi pimpinan Baznas Maros,” kata mantan Kadis DLH Maros ini.

Makanya kalau pendaftarnya dianggap belum memenuhi kuota, kita akan perpanjang proses pendaftarannya mulai 7 November hingga 25 November mendatang, sambungnya.

“Setelah itu kemudian dilanjutkan seleksi administrasi pada 26 November hingga 6 Desember mendatang,” sebutnya.

Selanjutnya kata dia, pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilakukan pada 7 Desember mendatang.

“Seleksi uji kompetensi, tes tertulis dan persentase makalah dilakukan 8 Desember sampai 20 Desember. Dan dilanjutkan pengumuman seleksi pada tanggal 21 Desember,” katanya.

Dilanjutkan seleksi wawancara tanggal 22 Desember hingga 5 Januari 2024 dan pengumuman hasil wawancara 8 Januari 2024. (**)

Pos terkait