Anggota Dewan Ini Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Penderita Kusta

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Sungguh ironi, di saat pemerintah Kota Makassar berusaha memaksimalkan pelayanan optimal kesehatan masyarakat, keberadaan penderita kusta justru tidak diperhatikan.

Hal itu terlihat di permukiman warga di Kompleks Kusta Jongaya Jl. Dangko Kota Makassar. Sebanyak 500 orang lebih menderita penyakit kusta, belum lagi penderita keterbatasan fisik yang juga bermukin di kompleks tersebut.

Bacaan Lainnya

Warga penderita kusta merasa diabaikan oleh pemerintah, jaminan kesehatan yang seharusnya disediakan justru sama sekali tidak ada. Padahal ada rumah sakit dan puskesmas yang berada di wilayah itu.

“Itu manipulasi untuk masyarakat kusta, katanya ada, tapi apa? dulu mereka bilang kalau selesai rumah sakit, itu akan jadi rumah sakit kusta, tapi kenyataannya jadi rumah sakit haji Makassar,” cerita warga penderita kusta Yahya Adam saat menemui Anggota DPRD Kota Makassar dari Fraksi Partai Gerindra, Badaruddin Ophier, Rabu 25 Juli 2018.

Tidak meminta banyak, warga penderita kusta berharap pemerintah bisa menyediakan Puskesmas Pembantu (PUSTU) khusus penderita kusta di wilayah tersebut.

“Nda banyakji yang kita minta, terlalu banyak juga cuman janji-janji saja, kita harapkan ada Puskesmas Pembantu khusus penderita kusta di sini,” harap Yahya dilansir jarijari.co.id.

Menanggapi keinginan warga penderita kusta, Badaruddin Ophier meminta dengan tegas, agar pemerintah mendengar dan merealisasikan PUSTU yang diinginkan oleh para penderita.

“Kalau pemerintah memang tidak becus memaksimalkan jaminan kesehatan bagi penderita, sekaranglah saatnya, hadirkan PUSTU untuk mereka,” tegas Legislator dari Dapil 5 Mamarita itu.

Ia pun memastikan, terkait dengan permintaan penyediaan PUSTU di Kompleks Kusta Jongaya, akan ia perjuangkan di DPRD Makassar. (**)

 

Pos terkait