Semester I, Danamon Raih 4 Persen Laba dari KPR

  • Whatsapp

Kumbanews.com – PT Bank Danamon Indonesia Tbk berhasil menorehkan kredit sebesar Rp 133,9 triliun sepanjang semester I 2018. Angka tersebut tumbuh 4 persen dari periode yang sama pada tahun lalu yang hanya sebesar Rp 128,3 triliun.

Chief Financial Officer dan Direktur Bank Danamon, Satinder Ahluwalia, menyebutkan pertumbuhan kredit terbesar disumbang dari segmen properti (KPR) mencapai 40 persen.

“Kredit pada segmen UKM tumbuh 14 persen menjadi Rp 30,4 triliun. Sementara kredit consumer mortgage atau KPR tumbuh 40 persen menjadi Rp 6,9 triliun,” kata Satinder di Menara Bank Danamon, Jakarta, Rabu 25 Juli 2018.

Sementara itu, dalam hal pembiayaan kendaraan bermotor, total pembiayaan Adira Finance adalah sebesar Rp 48,1 triliun atau tumbuh 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya. “Pembiayaan baru Adira Finance tumbuh 14 persen untuk roda dua dan 26 persen untuk roda empat secara setahunan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pertumbuhan positif ini kontras dengan kondisi pada semester pertama 2017, di mana pembiayaan baru untuk kendaraan roda dua turun 5 persen dan roda empat hanya tumbuh 3 persen. “Di luar pembiayaan mikro, total portofolio kredit dan trade finance tumbuh 8 persen menjadi Rp 129,4 triliun dibandingkan setahun sebelumnya.”

Satinder mengungkapkan, perusahaan terus menjaga kualitas asetnya melalui penerapan prosedur pengelolaan risiko yang pruden serta proses collection dan credit recovery yang disiplin. Di mana, rasio kredit bermasalah (non-performing loans atau NPL) Bank Danamon tercatat 3,3 persen pada semester pertama 2018.

“Kredit Dalam Perhatian Khusus membaik 240 bps menjadi 11,8 persen dari 14,2 persen setahun sebelumnya. Rasio Biaya Kredit (cost of credit ratio) stabil pada tingkat 2,6 persen, sementara kredit yang direstrukturisasi terus menurun.” (**)

Pos terkait