Fakultas Kedokteran UMI Bakti Sosial di Pondok Pesantren DDI Mangkoso 

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Fakultas kedokteran UMI kembali menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Hari Ahad tgl 20 Juni 2021 yang mana pelaksanaannya berbeda dengan bakti sosial yang satu hari sebelumnya. Kali ini Kedokteran UMI mengambil lokasi di Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kabupaten Barru.” Ucap Hamzah.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memeriahkan Milad FK UMI yang ke 29th dan Milad UMI yang ke 67th yang berkerjasama antara FK UMI dengan panitia Milad UMI, RS “Ibnu Sina” YW-UMI, DDI Mangkoso dan Semangat Berkah Addaroyah (SBA) Foundation.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Baksti sosial kali ini di awali dengan penerimaan seluruh rombongan civitas akademika UMI di kampus II berlokasi di Thonronge sekaligus acara pembukaan dan perkenalan singkat seluruh rombongan yang disampaikan oleh Wakil Dekan 1 FK UMI (Dr. dr. H. Nasrudin A. M, Sp.OG(K), MARS).”ujar Hamzah.

Kemudin dilanjutkan oleh sambutan Dekan FK UMI yaitu Prof. dr. H. Syarifuddin Wahid, Ph.D, Sp.PA(K), Sp.F, DFM dengan memberikn makna atas kegiatan yang dilaksanakan hari ini yaitu “bagaimana kita membangun silaturahmi baik antara pondok pesantren DDI Mangkoso dengan FK UMI dan juga antara seluruh santriwan dan santriwati serta para alumninya”. Dan sambutan penerimaan dari Pihak Pesantren oleh H. Muzakkir M.A

Dalam menyukseskan acara ini, FK UMI menurunkan personel yang cukup lengkap dengan menghadirkan dokter-dokter spesilis serta dokter umum yang juga merupakan dosen FK UMI antara lain dokter sepsialis Kulit Dan Kelamin, dokter spesialis THT-KL, dokter spesialis Mata dan banyak lagi dokter spesialis yang turut hadir dalam kegiatan ini. Selain dokter spesialis dan dokter umum, kegiatan ini jg berkolaborasi dengan mahasiswa program Profesi Dokter serta Mahasiswa Program Sarjana Kedokteran FK UMI.”Hamzah menambahkan.

Setelah acara pembukaan serta penerimaan di masjid kampus II Thonronge, acara dilanjutkan dengan acara inti yaitu bakti sosial dengan kegiatan yaitu Penyuluhan kesehatan dengan 3 topik berbeda yaitu Pertama, Penularan Penyakit Kulit di Lingkungan Pesantren, kedua yaitu dengan judul “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” dan yang terakhir dengan judul “Basic Life Support” atau Bantuan Hidup Dasar

yang dilaksankan di 2 tempat berbeda yaitu di lokasi santriwan Kampus II Thonronge dan di lokasi santriwati Kampus III Bulu Lampang.

Setelah acara penyuluhan kesehatan, dilanjutkan dengan screening penyakit-penyakit kulit yang ada di pesantren, kelainan refraksi mata pada santri dan juga dilaksanakan di tempat berbeda yaitu pengobatan hingga sirkumsisi (sunatan).”tutur Hamzah,ke media kumbanews,pada hari Senin ini.

Dengan dilaksanakannya Bakti sosial di pondok pesantren DDI mangkoso ini, diharapkan dapat membantu menjaring dan melakukan pengobatan serta yang lebih utama yaitu mencegah agar terhindar dari berbagai penyakit di lingkungan asrama (tindakan preventif dan kuratif) yang mudah menular pada santri yang menempuh proses pendidikan disana. Sehingga proses belajar dan juga aktivitas santri di pondok pesantren tersebut dapat berlangsung dengan baik dan sehat guna meningkatkan mutu santri pesantren DDI Mangkoso.”unggkapnya.

 

 

 

 

Pos terkait