Jokowi Masih Merahasiakan Nama Cawapres

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Ketua Umum PPP Romahurmuziy mengungkapkan, nama calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 sudah mengerucut menjadi satu nama. Siapakah dia?

Menurut Romy (sapaan Romahurmuziy) satu nama cawapres itu terungkap saat enam ketua umun parpol pendukung Jokowi bertemu di Istana Bogor, Senin 23 Juli 2018 tadi malam.

Bacaan Lainnya

Selain Romy, hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

Hanya saja, Romy enggan menyebut siapa nama cawapres yang sudah dikantongi Jokowi tersebut.

“Sudah (mengerucut satu nama). Tentu seperti yang disampaikan, kita tidak akan menyampaikan hal tersebut,” kata Romy di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (23/7).

Romy menjelaskan, partai koalisi menyerahkan sepenuhnya pada Jokowi. Nantinya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu yang akan mengumumkan sendiri nama cawapresnya.

“Karena hak tersebut kita sepakati kepada Pak Jokowi (yang menyampaikan). Pada intinya, kita tadi makan di belakang halaman Istana Bogor. Di sana ada rusa yang berkeliaran. Tapi karena hujan, kami jadi masuk ke dalam,” ujarnya.

Untuk diketahui, nama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umun PKB Muhaimin Iskandar sebelumnya masuk dalam bursa kandidat bakal cawapres Jokowi.

Saat ditanya sudah ‘legowo’ apabila nantinya tak dipilih, Airlangga langsung buka suara.

“Jadi semua sudah menyepakati bahwa seluruh mekanismenya diserahkan ke Pak Presiden dan disepakati juga bahwa waktu dan detailnya pada waktunya Pak Presiden akan sampaikan,” ucap Airlangga.

Ia menegaskan, siapapun pilihan Jokowi di Pilpres 2019, enam partai politik pengusung Jokowi tetap memberikan dukungan untuk memenangkan calon petahana.

“Semua sudah sepakat. Yang jelas kita semua sudah bulat (dukung Jokowi),” kata Airlangga Hartarto. (**)

Pos terkait