Kalapas Parepare Sholat Idul Adha Bersama Jajaran dan Warga Binaan Pemasyarakatan

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, A.Md.IP, SH beserta jajaran, serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang muslim melaksanakan kegiatan salat Idul Adha 1445 H Tahun 2024, di halaman Lapas Kelas IIA Parepare, Senin (17/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Totok mengatakan, pihaknya menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Adha 1445 H bagi seluruh petugas dan WBP.

Bacaan Lainnya

“Mari kita selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita dan semoga apa yang kita lakukan hari ini mendapat berkah dan rida-Nya.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445 H Tahun 2024 dimulai sekitar pukul 07.00 Wita. Adapun yang bertindak sebagai Imam dan Khotbah Sholat Idul Adha 1445 H Tahun 2024 Ustadz Drs. Muhtaduna, MA dari Kantor Kementerian Agama Kota Parepare dengan tema Mari Sucikan Hati Dengan Keikhlasan.

Hal ini sangat mengilhami kisah dari Nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan putranya sendiri. Dimana Nabi Ibrahim AS benar-benar tunduk atas perintah Allah SWT dan itulah yang harus dijadikan inspirasi untuk kita semua, kita harus tunduk atas segala perintah dan larangan dari Allah SWT. Pada perayaan Idul Adha ini kita bisa melihat perjuangan Nabi Ibrahim AS yang dengan pengorbanannya telah berhasil mewariskan moment ibadah haji dan syariat penyembelihan hewan qurban bagi orang-orang mukmin saat ini. Jadilah manusia yang sabar, tulus dan ikhlas dalam menjalani hidup ini sesuai dengan budaya 3S (Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge) adalah sebuah filsafah orang bugis yang merupakan kearifan lokal dan memiliki sebuah arti saling menghormati, saling menghargai dan saling mengingatkan.

Selanjutnya Kepala Lapas IIA Parepare mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan sangat baik. Kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan Kepala Lapas IIA Parepare berpesan jalani sisa masa pidana dengan memanfaatkan waktu untuk lebih banyak beribadah dengan mengikuti program pembinaan dan bimbingan keagamaan yang telah disiapkan.

Jangan melakukan pelanggaran tata tertib di dalam Lapas. Patuhi segala aturan dan regulasi yang ada terutama penggunaan handphone atau alat komunikasi lainnya serta penyalah maupun pengendalian narkoba. Mulai saat ini Lapas IIA Parepare harus zero Halinar.

Dalam Kesempatan yang sama Kepala Lapas IIA Parepare menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H Tahun 2024 bagi seluruh petugas dan Warga Binaan. “Mari kita selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita dan semoga apa yang kita lakukan hari ini mendapat barokah dan ridho- Nya,” paparnya.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha 1445 H Tahun 2024 dilanjutkan dengan prosesi halal bihalal saling memaafkan guna mempererat tali silaturahmi antara petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan. Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban berupa 2 ekor sapi dari petugas Lapas IIA Parepare langsung dibagikan kepada warga masyarakat sekitar Lapas IIA Parepare, Panti Asuhan terdekat dan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas IIA Parepare.

Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik Kepala Lapas IIA Parepare juga memberikan layanan kunjungan keluarga kepada Warga Binaan Pemasyarakatan selama Hari Raya Idul Adha 1445 H Tahun 2024. (Rilis)

Pos terkait