Keanggotaan Palestina di PBB Dipertimbangkan Kembali Solusi Dua Negara untuk Selesaikan Konflik

  • Whatsapp

Perwakilan Tetap India untuk PBB, Ruchira Kamboj.

Kumbanews.com – Republik India kembali menegaskan dukungan terhadap Solusi Dua Negara sebaga jalan keluar dari konflik berkepan jangan antara Israel dan Palestina. Solusi Dua negeri memberikan kepastian kepada rakyat Palestina hidup bebas di negara merdeka dalam perbatasan yang aman, dan di sisi lain memperhatikan kebutuhan keamanan Israel.

Bacaan Lainnya

Penegasan kembali sikap India ini disampaikan Perwakilan Tetap India untuk PBB, Ruchira Kamboj.

Dalam pertemuan Majelis Umum PBB hari Rabu (1/5) setelah veto yang diajukan oleh Anggota Tetap Dewan Keamanan mengenai permohonan Palestina untuk masuk ke PBB pada tanggal 18 April, Kamboj menyatakan harapan bahwa keanggotaan Palestina akan dipertimbangkan kembali pada waktunya dan bahwa upaya Palestina untuk menjadi anggota PBB akan dipertimbangkan kembali.

Pada tanggal 18 April Amerika menggunakan hak vetonya untuk memblokir resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai pemberian status negara kepada Palestina. Dalam pemungutan suara dengan hasil 12-1, yang mana AS memveto dan dua abstain, DK PBB tidak mengadopsi rancangan resolusi yang akan merekomendasikan Majelis Umum untuk mengadakan pemungutan suara dengan keanggotaan PBB yang lebih luas untuk memungkinkan Palestina bergabung secara penuh. Negara Anggota PBB.

Kamboj berkata, “Kepemimpinan saya telah berulang kali menekankan bahwa hanya solusi Dua Negara, yang dicapai melalui negosiasi langsung dan bermakna antara kedua belah pihak mengenai masalah status akhir, yang akan menghasilkan perdamaian abadi.”

“India berkomitmen untuk mendukung solusi Dua Negara di mana rakyat Palestina dapat hidup bebas di negara merdeka dengan perbatasan yang aman, dengan memperhatikan kebutuhan keamanan Israel. Untuk mencapai solusi jangka panjang, kami mendesak semua pihak untuk menciptakan kondisi yang kondusif untuk melanjutkan perundingan perdamaian langsung sejak dini,” tambahnya.

Dia mencatat bahwa konflik di Gaza telah berlangsung selama lebih dari enam bulan dan krisis kemanusiaan yang dipicunya semakin meningkat. Lebih lanjut ia mengatakan, “Ada juga potensi meningkatnya ketidakstabilan di kawasan ini dan sekitarnya. Dalam konteks ini, kami memandang adopsi resolusi 2728 DK PBB bulan lalu sebagai langkah positif.”

Kamboj mengatakan, “Padahal kami telah mencatat bahwa permohonan Palestina untuk menjadi anggota PBB tidak disetujui oleh Dewan Keamanan karena veto tersebut di atas. Saya ingin menyatakan di sini sejak awal bahwa sesuai dengan posisi lama India, kami berharap hal ini akan dipertimbangkan kembali pada waktunya dan upaya Palestina untuk menjadi anggota PBB akan mendapat dukungan.”

“Kami juga telah mencatat niat Anda untuk segera mengadakan rapat pleno sidang khusus darurat kesepuluh Majelis Umum mengenai masalah ini. India akan berpartisipasi aktif dalam pertemuan ini,” tambahnya.

Mengulangi posisi India mengenai konflik yang sedang berlangsung di Gaza, Kamboj mengatakan bahwa konflik antara Israel dan Hamas telah menyebabkan hilangnya banyak nyawa warga sipil, terutama perempuan dan anak-anak, dan krisis kemanusiaan, yang menurutnya “tidak dapat diterima.”

Dia menekankan bahwa India mengutuk keras kematian warga sipil dalam konflik tersebut dan sangat yakin bahwa hukum internasional dan hukum humaniter internasional harus dihormati oleh semua orang dalam keadaan apa pun. Dia menyebut serangan teror Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober “mengejutkan” dan menekankan bahwa serangan tersebut pantas mendapatkan “kecaman tegas.”

Ruchira Kamboj berkata, “Kedua, serangan teror di Israel pada tanggal 7 Oktober sangat mengejutkan, dan serangan tersebut pantas mendapatkan kecaman tegas dari kami. Tidak ada pembenaran atas terorisme dan penyanderaan. India mempunyai sikap yang sudah lama dan tanpa kompromi melawan terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya, dan kami menuntut pembebasan semua sandera segera dan tanpa syarat.”

Dia menyerukan pentingnya bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Gaza segera ditingkatkan untuk mencegah memburuknya situasi. Kamboj mengatakan India telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina dan akan terus memberikan bantuan.

Dia berkata, “Sangat penting bahwa bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Gaza segera ditingkatkan untuk mencegah memburuknya situasi. Kami mendesak semua pihak untuk bersatu dalam upaya ini. Kami menyambut baik upaya PBB dan komunitas internasional dalam hal ini. India telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina dan akan terus melakukannya.”

Konflik di Gaza meningkat setelah Hamas melakukan serangan teror besar-besaran terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober, menewaskan lebih dari 1.200 orang, dan menyandera sekitar 250 orang. Sebagai tanggapan, Israel melancarkan serangan balasan yang kuat yang menargetkan unit teror Hamas di Jalur Gaza.

RMOL

Pos terkait