Mendes Eko: Dana Desa Harus Bisa Ciptakan UMKM dan Ekonomi Kreatif

  • Whatsapp

Kumbanews.com –  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes) Eko Putro Sandjojo mendorong perangkat desa menggunakan Dana Desa untuk program pemberdayaan ekonomi dan pengembangan masyarakat desa.

Mendes Eko menyatakan, pengembangan masyarakat itu bertujuan untuk meningkatkan keahlian masyarakat. Dari keahlian itu diharapkan mampu menciptakan UMKM dan ekonomi kreatif. Sehingga meningkatkan perekonomian di desa-desa.

Bacaan Lainnya

Program Dana Desa telah berhasil meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan di desa. Sejak 2015-2018, dana desa lebih banyak digunakan oleh perangkat desa untuk pembangunan infrastruktur desa.

Karena itu, menteri dari PKB ini yakin, jika dana desa digunakan untuk program pengembangan masyarakat pasti akan lebih efektif dan sasaran utama untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat desa pasti tercapai. Hal itu, sesuai dengan instruksi dari Presiden Jokowi.

“Kalau difokuskan untuk infrastruktur itu tidak akan pernah ada cukupnya. Jadi saya sarankan untuk pemberdayaan ekonomi supaya kemampuan desa untuk membangun infrastruktur dengan incomenya bertambah bisa lebih kuat lagi karena potensinya sangat besar. Jadi, kalau ekonominya berhasil, terserah mau bikin apa, karena desa sudah punya dana sendiri,” kata Mendes Eko belum lama ini dilansir Rmol.

Mendes Eko menjelaskan, banyak program dan potensi yang bisa dikembangkan oleh perangkat desa dan masyarakat. Misalnya, UMKM dari kerajinan tangan (handycraft), kuliner, pertanian, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

“Dana desa menjadi salah satu faktor dalam mengurangi angka kemiskinan di Indonesia, mengurangi desa tertinggal, meningkatkan desa menjadi berkembang dan mandiri, mengurangi angka pengangguran dan masih banyak dampak lainnya,” ujar Eko. (*)

Pos terkait