Panitia dapat 4 Ekor Sapi Kurban, Warga Purimas sangat Senang dan Bahagia

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Umat Islam di seluruh dunia hari ini, Jumat (31/7/2020) merayakan Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Di Hari Raya Itu, Muslim disunahkan berkurban dengan menyembelih hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, maupun unta. Waktu penyembelihan hewan kurban ini hingga tiga hari atau tasyrik

Anjuran berkurban itu termaktub dalam Alquran. Allah SWT berfirman:

Bacaan Lainnya

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَۙ

Artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (QS. Al Hajj: 34)

Untuk meneladani dan menghidupkan sunah itu, keikhlasan hati dalam melatih kerelaan melepas sebagian ‘hak milik ‘ kepada sebenar benarnya pemilik, maka ibadah qurban ini disyariatkan untuk kita umat nabi Muhammad SAW,” ucap ustaz Muh.Yakub melalui pesan singkatnya ke redaksi Kumbanewa.com, Jumat, 31 Juli 2020.

Dan sudah jelas dalam Al qur’an pahala bagi mereka yang berqurban.Tidak ada yang lebih utama dari amal orang yang berqurban pada hari Nahar dan ampunan sudah diberikan Allah sebelum darah sampai ke tanah. Namun, siapa saja mampu, tapi tidak berqurban maka janganlah mendekati masjidku. Karena dalam surah Al-Hajj 36-37 sudah dijelaskan : “Maka makanlah sebagiannya ( daging qurban ) dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya ( orang yang tidak meminta minta ) dan orang yang meminta. Pada prinsipnya sangat dianjurkan untuk berqurban bagi yang mampu. Semua umat Islam boleh berqurban bila ada niat dan kemauan. Dan banyak kemudahan boleh berkelompok saling bantu membantu untuk mencukupi 1ekor sapi atau cukuplah dengan 1ekor kambing untuk satu keluarga bila kurang,” kata ustdaz Muh.Yakub.

Lanjut Muh.Yakub, bagi yang berhak menerima daging qurban, bisa diberikan kepada keluarga dan orang lain.Termasuk tetangga kita, dengan ketentuan 1/3 untuk yang berkurban,1/3 boleh disimpan dan 1/3 untuk disedekahkan.

Warga Purimas Permai Barombong berkurban di Idul Adha

Panitia kurban di perumahan Purimas Permai Barombong, Kota Makassar mengatakan” baru pertama kali warga Puri Mas melakukan pemotongan hewan kurban. Jumlah hewan kurban yang diterima oleh panitia sebanyak 4 ekor sapi, dan akan kami bagikan kepada warga sekitar Perumahan Purimas Permai “Kata Daeng Tompo, Jumat, 31 Juli 2020.

Salah satu warga yaitu Rahmatullah mengaku bersyukur karena bisa ikut berkurban di hari Raya Idul Adha tahun ini. “Saya sangat senang dan bahagia, karena ini untuk pertama kalinya saya berkurban dan Alhamdulillah sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT atas nikmat rezki yang diberikan pada saya sehingga di tahun ini saya bisa berkurban dan berbagi kepada warga lainnya.”Ucap Rahmatullah.

Penulis/Editor: Muh.Yusuf Hafid

Pos terkait