Qatar Lolos ke Piala Dunia U-20 2019 setelah Bungkam Thailand di Piala AFC U-19 2018

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Duel Timnas Qatar U-19 kontra Thailand mengawali fase gugur Piala AFC U-19 2018. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 28 Oktober 2018, Qatar butuh perpanjangan waktu untuk memastikan tiket ke Piala Dunia U-20 2019.

Pada babak pertama, Qatar sudah unggul 2-0 lewat gol yang dihasilkan Hashim Ali menit ke-13 dan Nasser Al Yazidi ke-21 kendati Thailand lebih mendominasi sepanjang 45 menit pertama.

Bacaan Lainnya

Statistik membuktikan Thailand menguasai bola hingga mencapai 61.4 persen berbanding 38.6 persen yang ditorehkan Qatar. Namun, Qatar bermain jauh lebih efektif.

Sepanjang babak pertama, Qatar membukukan 10 tembakan, tiga di antaranya mengarah ke sasaran dan dua jadi gol, sementara Thailand hanya melepas dua tembakan meleset.

Tak ingin menyerah terlalu dini, Thailand mencoba bangkit selepas turun minum. Upaya itu berhasil karena hanya tiga menit setelah babak kedua dimulai, satu dari dua wakil ASEAN itu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat Korawich Tasa.

Thailand lantas meningkatkan serangan. Berbeda dengan babak pertama, permainan the War Elephants di babak kedua terlihat jauh lebih efektif. Tusukan-tusukan mereka mampu membuat lini belakang bekerja lebih keras.

Pada menit ke-61, Sakunchai Saengthopho mencetak gol penyama skor buat Thailand, menjadi 2-2. Thailand termotivasi dengan itu. Mereka semakin mendominasi permainan.

Dalam sebuah serangan, Thirapak Prueangna mampu memanfaatkan celah di lini pertahanan Qatar dan melepas tembakan dengan kaki kanan langsung mengarah ke gawang. Bek Qatar, Ahmed Suhail, terlihat menjebol gawang sendiri. Namun, gol pada menit ke-80 itu itu tetap jadi milik Thirapak sekaligus membuat Thailand berbalik unggul, 3-2.

Qatar berhasil memaksakan pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan setelah Ahmed Suhail mencetak gol apik melalui tendangan bebas, menit ke-87.

Babak Perpanjangan

Di babak perpanjangan, kedua tim jual beli serangan. Namun, Qatar berhasil memecah kebuntuan. Pemain andalan mereka, Abdulrasheed Umaru, berhasil menjebol gawang Thailand kawalan Nopphon Lakhonphon, pada menit ke-99.

Qatar kembali berbalik unggul 4-3 atas Thailand. Secara khusus, itu adalah gol keenam Umaru sejauh ini di Piala AFC U-19 2018.

Gol itu memantik spirit Qatar. Mereka terlihat memanfaatkan kubu Thailand yang kehilangan fokus dan mengalami penurunan kondisi fisik. Alhasil, Qatar mampu menambah gol lagi, kali ini sontekan Khaled Mansour menit ke-106. Skor berubah jadi 5-3 untuk keunggulan Qatar.

Skor 5-3 tampaknya belum cukup buat Qatar. Juara Grup A pada fase penyisihan grup itu masih terus mengupayakan gol-gol berikutnya. Pada menit ke-117, Nopphon kembali memungut bola dari gawangnya. Adalah Umaru, yang lagi-lagi mencetak gol, membuat Qatar meninggalkan Thailand dengan skor 6-3.

Qatar benar-benar memanfaatkan penurunan yang terjadi di kubu lawan. Memanfaatkan kurangnya koordinasi di lini belakang Thailand, Qatar menciptakan gol ketujuh lewat Youssef Ayman, menit ke-120. Skor menjadi 7-3.

Skor 7-3 itu menjadi akhir dari duel menarik pada perempat final pertama Piala AFC U-19 2018. Qatar memastikan lolos ke semifinal, sekaligus menjadi tim pertama perebut tiket ke Piala Dunia U-20 2019 dari Piala AFC U-19 2018.

Di semifinal, Qatar akan bersua dengan pemenang antara Korea Selatan versus Tajikistan. Duel itu baru dimainkan pada Senin (29/10/2018) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Sementara partai semifinal dipertandingkan pada Kamis (1/10/2018).

Pos terkait