Ridwan Kamil Mengaku Elektabilitas Jokowi di Jabar Terus Meningkat

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Dewan Pengarah Teritorial Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Ridwan Kamil, mengklaim jutaan warga Jawa Barat (jabar) saat ini telah mengalihkan dukungan mereka ke pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu (01). Emil, sapaan akrabnya, menyebutkan bahwa hal itu terlihat dari elektabilitas pasangan tersebut yang terus meningkat.

1. Ada 4 juta warga jabar yang berpindah dukungan

Bacaan Lainnya

Menurut Emil, dari survei sejumlah lembaga dan data yang dihimpun, ada sekitar 4 juta penduduk Jabar yang sebelumnya tidak mendukung Joko ‘Jokowi’ Widodo pada pemilihan presiden 2014, sekarang beralih untuk memberikan suaranya pada paslon nomor 01 pada pemilihan mendatang. “Mereka balik kanan dan yakin kepada 01,” ujar Emil usai santap malam dengan Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto, Jumat (22/2) malam.

Menurut Gubernur Jawa Barat ini, pada Pilpres 2014 lalu, jutaan warga tersebut awalnya memberikan suaranya untuk Prabowo Subianto. Namun, seiring dengan kinerja pemerintahan, khususnya kinerja Jokowi, yang dianggap sangat peduli terhadap rakyat kecil, mereka berpaling. Saat ditanya daerah mana saja yang mayoritas beralih suara ini, Emil enggan menjeleskan lebih rinci dari kawasan mana saja warga yang beralih tersebut.

2. Suara Jokowi kini lebih unggul

Dia menuturkan, saat ini suara Jokowi semakin baik di Jabar. Berbeda dengan Pilpres lima tahun lalu di mana Prabowo unggul jauh di provinsi ini, sekarang suara Jokowi mulai mengimbangi bahkan Emil yakin semakin mendekati waktu pemilihan, suara Jokowi bisa mengungguli lawannnya. “Tapi keyakinan ini tetap harus dibuktikan secara faktual di hari pencoblosan nanti,” paparnya.

3. Paslon nomor 01 merupakan pasangan yang tepat

Mantan Wali Kota Bandung ini mengatakan, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin merupakan sosok yang tepat khususnya untuk dipilih masyarakat Jabar. Jokowi adalah pria yang siap mendedikasikan dirinya untuk negara dengan bekerja keras membangun negeri dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Ma’ruf Amin, semua pihak tahu bahwa dia adalah sosok ulama yang sangat mengayomi. Ma’ruf juga bisa menjadi pendamping Jokowi untuk merangkul masyarakat muslim khususnya, dan meningkatkan nilai keislaman di Indonesia. “Ini kondisi paling pas. Yang satu ngegas dan yang satunya ngerem. Ini sudah jodohnya,” ungkap Emil.

4. Kerja sama partai makin solid

Sementara itu, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN), Hasto Kristiyanto, mengatakan bahwa peralihan suara yang terjadi di Jabar tak terlepas dari konsolidasi partai politik pendukungan pasangan 01 yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Adanya sejumlah sosok di Jabar seperti Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, hingga Dedi Mulyadi membuat masyarakat juga ikut percaya atas kepimpinan Jokowi.

Kehadiran Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden Jokowi pun makin memperkuat dukungan masyarakat muslim di Provinsi Jabar. Sebab banyak warga muslim yang sebelumnya menilai Jokowi sangat tidak agamis, berubah pikiran karena Ma’ruf Amin dianggap menjadi pendamping yang tepat.

“Sosok Ma’ruf Amin sebagai Ketua MUI betul-betul menjadi pegangan masyarakat Jawa Barat,” ujar Hasto. (*)

Pos terkait