Sederhana dan Tetap Nikmat, Ini Tips Buka Puasa Sehat ala Chef Ken

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Tak ada yang lebih membahagiakan selain azan magrib di bulan Ramadan. Saat itulah umat muslim bisa berbuka puasa setelah seharian menahan haus dan lapar. Berbagai jenis makanan lezat siap disantap.

Namun, tahukah jika tak semua makanan bisa kembalikan energi setelah seharian berpuasa? Jebolan MasterChef Indonesia, Chef Ken, membagikan tips untuk berbuka di Instagram live cooking bersama Yummy dan IDN Times pada Selasa (27/4/2021).

Bacaan Lainnya

Nah, biar puasamu selalu lancar dan bisa mempertahankan badan yang bugar, simak ulasan serta tips-tips dari Chef Ken berikut ini, yuk!

1. Berbuka dengan yang manis harus dibatasi

Kita pasti sering mendengar kalimat “berbukalah dengan yang manis,” ya kan? Kalimat tersebut memang benar adanya. Kebanyakan orang Indonesia mengawali berbuka puasa dengan teh manis, karena glukosanya bisa mengembalikan energi dalam waktu singkat.

Namun, bukan berarti makanan yang disajikan harus manis semua. Rasa manis tersebut tetap harus dibatasi, supaya tidak menimbulkan penyakit di kemudian hari. “Kalau gula terlalu banyak, nanti bisa terkena diabetes,” ujar chef asal Surabaya itu.

Chef Ken juga berikan beberapa alternatif beberapa bahan makanan manis yang sering digunakan. Salah satunya susu yang biasa digunakan sebagai campuran es, bisa diganti dengan susu kedelai yang lebih rendah lemak.

“Berbuka dengan es juga boleh. Tetapi, penambahan sirup dan susu kental manis itu yang gak baik jika berlebihan. Bikin kadar gula kita naik,” kata chef dengan nama lengkap Ken Kurniawan Sutanto itu.

2. Pilih makanan manis alami

Nah, biar tetap bisa merasakan manis saat berbuka, sekaligus mendapat manfaat, pilihlah makanan dengan gula alami. Buah-buahan misalnya. Banyak buah yang memiliki kandungan gula alami, sehingga rasanya manis dan enak.

Kamu bisa memilih pisang, semangka, hingga apel. Konsumsi buah juga sangat baik untuk penyeimbang gizi dan serat yang dibutuhkan tubuh. “Misal kita makan rendang, harus disertai serat dan mineral yang cukup,” ujarnya.

Pisang sangat disarankan dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan potasiumnya bisa kembalikan energi dan motabolisme tubuh. Gula dan kalorinya juga bisa mengembalikan energi tubuh dalam waktu singkat setelah seharian berpuasa.

Kalau gak suka pisang, kamu bisa pilih kurma. Mirip seperti pisang, kandungan gizi kurma bisa mengembalikan energi dengan cepat. “Vitamin dan gulanya baik untuk tubuh, gak heran kalau di Timur Tengah sana selalu sedia kurma saat bulan puasa,” ujar Chef Ken.

3. Konsumsi rempah saat berbuka dianjurkan, lho

Banyak yang gak tahu kalau ternyata rempah-rempah sangat dianjurkan dikonsumsi saat berbuka, karena kandungannya baik untuk tubuh. Menurut Chef Ken, rempah yang diolah dan dipadukan dengan baik bisa memberikan kehangatan di perut, menjaga stamina, dan tubuh tetap sehat.

Salah satu menu yang dibuat dalam live cooking tersebut adalah kurma chai latte. Cukup banyak jenis rempah yang digunakan, seperti kapulaga, cengkih, dan jahe.

“Di India, kapulaga dikonsumsi saat tak enak badan, cukup dikeluarkan bijinya terlebih dahulu. Sedangkan cengkih berguna sebagai antioksidan,” terangnya.

Kalau tak mau merasakan pedas dari kapulaga, kamu bisa mengonsumsinya bersamaan dengan pisang. Perpaduan rasa manis dengan sedikit pedasnya tak akan mengganggu. Dijamin tubuh semakin bugar.

“Ini juga bagus untuk yang punya asam lambung,” kata chef kelahiran Surabaya, 7 Januari 1982 itu. Kamu bisa makan kapulaga dan adas, bisa dimakan langsung ataupun dicampur pisang.

4. Pastikan makanan yang dipilih gizinya berbobot

Selain menyebabkan penyakit, mengonsumsi banyak makanan manis saat berbuka puasa hanya membuat kenyang sesaat. Misalnya nasi putih. “Makan nasi banyak boleh, tapi tak lama kemudian kembali lapar,” kata Runner Up MasterChef Indonesia musim kedua itu.

Lantas, makanan seperti apa yang sebaiknya kita konsumsi di bulan puasa ini? Chef Ken menyarankan untuk tetap memilih makanan dengan gizi yang berbobot.

Berbobot yang dimaksud adalah kaya akan gizi seimbang. Tidak boleh asal makan saja, tetapi pemilihan makanan juga harus diperhatikan. Pastikan ada protein, serat, mineral, dan vitamin di dalam makanan yang akan kita santap.

5. Rice cooker jadi jalan ninja buka puasa dan sahur

Meski harus tetap makan makanan sehat selama bulan puasa, tetap saja seringkali kita malas untuk memasak. Kita lebih memilih menyantap makanan praktis dan mengabaikan gizinya.

Salah satu tips dari Chef Ken yang bisa kita lakukan adalah memaksimalkan fungsi rice cooker. Sebab, rice cooker bisa membuat makanan bergizi dengan waktu cepat dan praktis, daripada mengonsumi makanan berkaleng.

“Rice cooker sangat membantu, tinggal masukkan seluruh bahan makanan yang diinginkan. Tinggal dimasak dan bisa kita makan untuk sahur atau keesokan harinya,” jelasnya.

Jangan anggap makanan yang dimasak dengan rice cooker tak sedap. Beberapa menu yang bisa kamu coba adalah nasi tim dengan daging ayam, bubur, dan sup. “Bubur boleh, tapi jangan bubur beras. Pilih bubur kacang hijau atau yang terbuat dari labu kuning.”

Uniknya, labu kuning bisa dikombinasikan dengan sedikit beras. Rasanya manis, mirip seperti bubur ubi. Kalau pengin lebih sehat, tambahkan brokoli atau sayur bayam, karena seratnya yang tinggi.

Nah, itulah beberapa tips berbuka puasa sehat dan nikmat ala Chef Ken yang bisa kamu praktikkan. Semoga ibadah puasamu lancar hingga akhir, ya!

Pos terkait