Staf Khusus Kementerian KLHK Hadiri Gerakan Penanaman Pohon Serentak di Maros

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Sejumlah pejabat baik pusat dan daerah turut meramaikan Gerakan penanaman pohon serentak di seluruh indonesia dan hari kebersihan dunia di kabupaten Maros, Kamis (07/03/2024).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas LHK Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Andi Hasbi Nur, M.T., unsur Forkopimda Maros, puluhan masyarakat setempat, dan puluhan mahasiswa UMMA.

Bacaan Lainnya

Gerakan atau kegiatan tersebut di laksanalan di Universitas Muslim Maros (UMMA) yang sekaligus menjadi tuan rumah kegiatan Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI)

Menteri KLHK diwakili oleh Staf Khusus Menteri KLHK Bidang Konstitusionalitas Kemasyarakatan, Kelik Wirawan Wahyu Widodo, S.Sos. menjelaskan bahwa kegiatan Maret 2024 tersebut adalah acara keempat dari rangkaian penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia.

Program penanaman serentak yang pertama dipimpin oleh Bapak Presiden RI, dari Jakarta. Yang kedua dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden dari Provinsi Banten. Dan penanaman ketiga dipimpin oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Cianjur, Jawa Barat. Dan di bulan Maret ini, selain awal musim penghujan, juga merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Bakti Rimbawan Tahun 2024 yang ke-41

Adapun beberapa jenis bibit pohon yang ditanam adalah 50 batang bibit Tabebuya, 15 batang bibit Jeruk, 30 batang bibit Alpukat, 30 batang bibit Sukun, dan 20 batang bibit Mangga. Bibit-bibit tersebut ditanam secara simbolis di areal seluas setengah hektar milik Universitas Muslim Maros.

Terkait dengan program penanaman pohon serentak tersebut, Kelik menyebutkan bahwa itu adalah bagian dari upaya mitigasi terhadap perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, serta percepatan rehabilitasi hutan dan lahan.

“Bukan hanya sebagai mitigasi terhadap perubahan iklim yang tak menentu, ini juga merupakan bagian dari upaya kita meningkatkan wawasan masyarakat umum atas pelaksanaan program pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, khususnya kegiatan menanam pohon,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muslim Maros, Prof. Nurul Ilmi Idrus, M.Sc., Ph.D., menyampaikan apresiasi dan kebanggaan di hadapan ratusan orang yang hadir, karena menurutnya program tersebut sangat sesuai dengan Visi UMMA, yakni sebagai Universitas Pelestari Lingkungan dan Kearifan Lokal.

“Kami pikir, program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia ini sangat sesuai dengan visi kami di Universitas Muslim Maros sebagai Universitas Pelestari Lingkungan dan Kearifan Lokal. Kami senantiasa membumikan visi tersebut, dan salah satu yang senantiasa kami lakukan adalah penanaman pohon. Selain itu, Universitas Muslim Maros juga berupaya untuk mengurangi sampah-sampah plastik,” Tutupnya.

Pos terkait