Sulsel Terapkan Perda Pemenuhan Hak ASI Ekslusif pada Bayi

  • Whatsapp

Kumbanews.com – ASI atau singkatan dari air susu ibu merupakan asupan yang penting bagi bayi selama 6 bulan pertama. Bahkan di masa tersebut, ibu dianjurkan untuk memberi ASI tanpa adanya asupan yang lain.

Mengingat, tidak ada asupan yang terbaik selain ASI dengan berbagai kandungan nutrisi penting yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, seorang ibu tidak perlu ragu untuk memberikan ASI pada bayi utamanya ASI Ekslusif.

Bacaan Lainnya

Legislator PDI Perjuangan Risfayanti Muin saat perda no 6 tahun 2010 tentang air susu ibu Eksklusif di kwl Berua kecamatan Biringkanaya Sabtu, (12/07/2020) menjelaskan, Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sulawesi Selatan No 7 Tahun 2010 telah mengatur tentang pemenuhan Hak ASI Ekslusif pada bayi.

“Memang benar, Perda No 7 Tahun 2010 telah mengatur tentang Hak ASI Eksklusif pada bayi”, paparnya Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Risfa menambahkan, pada Perda No 6 Tahun 2010 ini bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak bayi, menjamin pelaksanaan kewajiban ibu memberi ASI Eksklusif, serta mendorong peran keluarga, masyarakat, badan usaha dan pemerintah daerah dalam pemberian ASI Eksklusif.

Namun disisi lain, Kata Risfa, terdapat pengecualian yang disebabkan adanya indikasi medis dan kondisi khusus, yang ditetapkan berdasarkan diagnosis dan keputusan dokter, Indikasi medis tersebut meliputi ibu yang menderita penyakit menular, dan ibu yang menderita keganasan pada payudara.

Risfa menyebutkan, bahwa bayi yang mengalami kondisi galaktosemia klasik, penyakit kemih beraroma sirup mapel/maple syrup urine disease, dan fenilketonuria, juga disebutkan sebagai pengecualian yang disebabkan adanya indikasi medis.

Sementara Kondisi khusus sebagaimana dimaksud Perda tersebut, didasarkan pada kondisi bayi yang tidak memungkinkan mendapatkan ASI Eksklusif karena ibu meninggal, ibu cacat mental, bayi terpisah dari ibu, dan mengidap penyakit tertentu, imbuhnya kepada warga yang mengikuti sosialisasi tersebut.

Oleh sebab itu, peran Ibu dalam memberikan ASI Eksklusif sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak terlebih lagi bayi yang baru lahir ini adalah calon generasi dimasa datang, tutupnya.

Senada juga dilontarkan dr. Fadli Ananda yang juga turut hadir pada sosialisasi perda asi bahwa sangat penting bagi ibu untuk memberikan ASI terhadap bayinya.

ASI memang sangat Eksklusif diberlakukan bagi ibu melahirkan yang memberikan ASI eksklusif selama enam bulan. pemberian ASI eksklusif meningkatkan kekebalan terhadap tubuh bayi tersebut. ” cetusnya.(*)

 

Pos terkait