Gandeng Damkar Sinjai, Rutan Sinjai Gelar Simulasi Penyelamatan Kebakaran

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sinjai kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan keselamatan dengan menggelar pelatihan serta simulasi penyelamatan kejadian kebakaran. Selasa (15/10/2024). Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sinjai dan melibatkan seluruh petugas, Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Warga Binaan Rutan Sinjai.

Simulasi penyelamatan ini merupakan langkah penting dalam rangka meningkatkan kesiapan Rutan Sinjai dalam menghadapi potensi kebakaran yang bisa saja terjadi di area rutan.

Bacaan Lainnya

Kepala Rutan Sinjai, Darman Syah, menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab bersama sebagai petugas pemasyarakatan terhadap keselamatan dan keamanan warga binaan, sarana prasarana maupun keluarga di rumah.

“Simulasi penyelamatan ini akan memberikan bekal keterampilan kepada petugas maupun warga binaan untuk bertindak cepat dan tepat dalam situasi darurat kebakaran,” ujar Darman Syah.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemadam Kebakaran Kabupaten Sinjai yang telah bersedia hadir memberikan pelatihan serta membantu kami menambah pengetahuan terkait penyelamatan kebakaran, maupun pemeriksaan instalasi listrik di Rutan Sinjai,” tambahnya.

Dinas Pemadam Kebakaran memperagakan cara memadamkan api, mengatasi jika terjadi kebocoran tabung gas, dan cara menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

Selain simulasi penyelamatan kebakaran, kegiatan ini juga mencakup pemeriksaan instalasi listrik di seluruh area Rutan Sinjai. Hal ini penting untuk mencegah potensi korsleting yang bisa memicu kebakaran.

“Dengan pemeriksaan instalasi listrik yang baik, kami ingin memastikan kondisi aman dan mencegah insiden yang tidak diinginkan,” tambah Darman Syah.

Pelatihan ini juga disertai dengan penanganan gangguan dari hewan liar, meskipun fokus utama tetap pada kesiapsiagaan menghadapi kebakaran. Tim dari Damkar Sinjai turut memberikan panduan kepada petugas terkait penanggulangan terhadap hewan liar yang mungkin membahayakan.

Dengan adanya simulasi ini, diharapkan petugas Rutan Sinjai dapat merespons dengan sigap jika terjadi kebakaran, serta lebih waspada terhadap potensi bahaya lainnya. “Kegiatan seperti ini akan rutin kami lakukan demi meningkatkan keamanan di Rutan Sinjai,” tutup Darman Syah.

 

 

 

 

(Humas Rutan Sinjai)

Pos terkait