Entaskan Kemiskinan, Program Kementan “Bekerja” 2019 Siap Disalurkan ke 10 Kabupaten di Sulsel

  • Whatsapp

Kumbanews.com- Balai Besar Veteriner (BBvet) Maros dan Balai Inseminasi Buatan Lembang (BIB Lembang), didukung oleh Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar ekspose program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) 10 Kabupaten di Sulawesi Selatan tahun 2019, bersama Tp4 pusat,Tp4 Provinsi Sulawesi dan Tp4 daerah.

Bacaan Lainnya

Program “Bekerja” merupakan upaya Kementan untuk mengentaskan kemiskinan di tanah air guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan melalui kegiatan pertanian yang terintegrasi.

Sekretaris Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah dalam sambutannya mengatakan, ” kegiatan ini adalah program dari Kementerian Pertanian agar masyarakat bisa meningkatkan produksi, selain itu Dirjen Peternakan dan kesehatan hewan menyiapkan konsumsi protein hewan  ternak  sehinga menghasilkan telur dan daging yang berkualitas.

Lanjut Nasrullah menambahkan, “program ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat kita yang masih dibawah garis kemiskinan, untuk bisa keluar dari kemiskinan dengan cara pemeliharaan ayam, inikan bisa mendapatkan tambahan dari pendapatan saat ini dengan jalan produksi telur, selain itu mereka bisa juga menanam sayuran dan buah yang bisa menghasilkan dari segi ekonomis, dengan adanya bantuan yang akan dikucurkan oleh kementerian pertanian tahun ini sebesar 50 miliar lebih kepada Balai Besar Veteriner dan 48 miliar lebih buat balai inseminasi buatan Lembang dan didalam bantuan itu ada ayam, pakab, obat dan kandang.” ucap Nasrullah, di Hotel Dalton, Jumat 17 Mei 2019.

Sementara itu plt Direktur dan juga ketua pelaksana Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4) pusat, Dr.Haerul Amin menyampaikan bahwa, program ini merupakan program dari Kementrian. Dan menyangkut masalah masyarakat miskin yang akan nanti difungsikan, maka dimohonkan pengawalan pada TP4 secara moril dan juga TP4 bertanggung jawab sehingg program tersebut bisa terealisasi dan pendistribusiannya sampai kepada masyarakat.

“Kegiatan ini juga untuk membekali TP4 agar bisa memahami bahwa nantinya ketika proyek ini dinyatakan dikawal oleh Kejari, maka Kejari dan TP4D Punya tanggung jawab moril menjamin proyek ini tidak ada masalah sampai selesai,” ucap Haerul Amin.

Kepala Balai Besar Veteriner (BBvet)Maros, drh.Sulaxono Hadi, sangat berharap kegiatan di tahun 2019 berlangsung lancar, dan ayam yang akan dibagikan termasuk juga pangan dan kandang terutama bagi rumah tangga miskin bisa mengangkat taraf garis kemiskinan menjadi lebih baik lagi dari kondisi sebelumnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri  Kabupaten, Ketua TP4D Kejari Kabupaten, Kepala dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan di 10  Kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, mulai dari Kabupaten soppeng, Sidrap, Pangkep, Luwu Utara, Luwu Timur, Maros,Wajo, Bone, Pinrang dan Takalar.

 

Muh. Yusuf Hafid

 

Pos terkait