Erick Thohir Terpilih sebagai Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Bakal capres Joko Widodo mengaku sudah lama berencana menunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin di Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan Jokowi usai menetapkan Erick sebagai Ketua TKN dan Jusuf Kalla sebagai Ketua Dewan Pengarah TKN Jokowi-Maruf di Rumah Cemara, Jakarta, Jumat 7 September 2018.

Bacaan Lainnya

“Sudah lama sekali (menunjuk Erick sebagai Ketua TKN),” ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan alasannya menunjuk Erick karena sudah beberapa kali bekerjasama, salah satunya saat meminta Erick menjadi Ketua INASGOC di Asian Games 2018.

Atas hal itu, ia mengaku mempercayai Erick untuk memimpin pemenangan dirinya dan Maruf di Pilpres 2019.

“Saya mempercayai Pak Erick Thohir untuk bekerja bersama-sama. Ini, kan, tidak hanya pas Asian Games, pas INASGOC, sebelumnya kan tidak sekali dua kali,” ujarnya.

Jokowi menegaskan Erick Thohir dipilih sebagai Ketua TKN until membenahi menejemen. Sehingga pengalaman politik tidak menjadi priotitas yang dibutuhkan dari Erick Thohir.

“Ini bukan urusan berpolitik. Ini urusan manajemen, mengelola kampanye ini sehingga bisa berjalan dengan baik,” ujar Jokowi

Jokowi menjelaskan niatnya memilih Erick agar ada kombinasi di TKN Jokowi-Maruf. Ia ingin TKN hanya diisi oleh politisi sebagaimana sebelum Erick dipilih.

Ia meyakini kombinasi antara profesional dan politisi di TKN merupakan hal yang bagus bagi proses pemenangan di Pilpres 2019.

“Kami ingin kombinasi supaya semuanya bisa ikut memiliki. Jsdi ada profesional pengusaha, ada juga politisi, ya kalau campur-campur kan bagus,” ujarnya.

Terpisah, Ketua TKN Erick Thohir mengaku baru diminta Jokowi untuk menjadi Ketua TKN pada tanggal 20 Agustus 2018. Namun, ia enggan mengungkap penjelasan Jokowi memilihnya sebagai Ketua TKN.

“Baru 20 Agustus (ditawari Jokowi menjadi Ketua TKN),” ujar Erick di Rumah Cemara, Jakarta.

Erick bukan politikus. Selama ini ia lebih dikenal sebagai pengusaha. Selain sebagai pengusaha media massa, Erick adalah pemegang saham klub sepak bola Italia, Internazionale Milan, dan klub basket NBA, Philadelphia 76ers.

Darah bisnis dan kepiawaian manajerial Erick sendiri tak datang begitu saja. Ia lahir dari pasangan Teddy Thohir dan Edna Thohir di Jakarta, 30 Mei 1970. Ayahnya bersama William Soeryadjaya merupakan pemilik dari Grup Astra International.

Sebelum terjun ke dunia bisnis, Erick muda menempuh pendidikan di Glendele University dan mengambil master di bidang Administrasi Bisnis (Master of Business Administration) di Universitas Nasional California.

Pos terkait