Festival Anak Pesisir Resmi Ditutup, Camat Malbar: Tahun Depan Bakal Lebih Besar

  • Whatsapp

Kumbanews.com- Tirai Festival Anak Pesisir (FAP) Lomba Bala Bala 2018 resmi ditutup Camat Malangke Barat, Sulpiadi, Senin 30 Juli 2018, di Dusun Lawatu Desa Pombakka. Acara yang dibuka Bupati Luwu Utara pada 28 Juli 2018 ini berlangsung sukses. Hal ini terbukti oleh banyaknya peserta yang turut ambil bagian. Tidak hanya peserta lokal, tetapi juga dari daerah tetangga, seperti Palopo dan Luwu Timur.

“Alhamdulillah, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia, terkhusus para Pemuda Lawatu, yang telah sukses melaksanakan festival anak pesisir lomba bala bala ini,” ujar Camat Sulpiadi dalam sambutan penutupannya. Ia mengaku bangga terhadap warga Lawatu, teristimewa para pemuda di sana karena mampu memperlihatkan karya di tengah keterbatasan yang ada.

Bacaan Lainnya

“Teruslah berkarya, insya Allah, pemerintah akan terus men-support, sebagaimana pesan ibu Bupati kemarin bahwa ke depan, kegiatan festival ini kita gelar dalam skala yang lebih besar lagi,” ujar Sulpiadi, seraya menambahkan, bahwa dengan seringnya Lawatu dikunjungi akan semakin membuat dusun tersebut menjadi lebih dikenal lagi, meski berada di pinggiran atau di pesisir Kabupaten Luwu Utara.

Sebelumnya, Kepala Desa (Kades) Pombakka dalam laporannya mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena festival anak pesisir yang digelar pertama kalinya di Lawatu berlangsung aman, lancar dan sukses. “Alhamdulillah, Festival Anak Pesisir ini berjalan sukses dan aman. Kami berjanji akan menjadikan event ini menjadi agenda rutin tahunan menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI,” pungkasnya.

Lomba Bala Bala mempertandingkan dua kelas berbedam yaitu Kelas Underboand, di mana pada kelas ini keluar sebagai juara I adalah Dafa Repsol, disusul Hendra Repsol, Enal Repsol Lawatu, dan Ucy Captain America. Juara I berhak menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp 1 Juta plus 1 unit mesin tagawa 390. Sementara juara II, III dan IV masing-masing menerima uang sebesar Rp 3 Juta, Rp 2 Juta, dan Rp 1 Juta.

Untuk Kelas Standar, lagi-lagi Dafa Repsol kembali mendominasi kelas ini dengan merebut juara I, disusul Hendra Repsol, Bara Wellang Pelang, dan Gibran Lawatu. Para juara ini berhak menerima uang pembinaan, masing-masing sebesar Rp 3 Juta untuk juara I, Rp 2 Juta untuk juara II, Rp 1 Juta untuk juara III, dan Rp 500 Ribu untuk juara III.

Pos terkait