Khutbah Idul Adha 1439 H “Menggenggam Harapan Meraih Kejayaan

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Jutaan umat muslim di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha, termasuk para jemaah haji di Arab Saudi.

Tak terkecuali warga Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Segenap warga yang bermukim diperumahan berbondong-bondong menuju pelataran Masjid Rawdhatul Jannah di Kompleks Parta Residence untuk melaksanakan Shalat I’ed berjamaah, Rabu, (22/8) kemarin.

Bacaan Lainnya

Udztas Rifai Dg. Leo dalam khutbahnya mengatakan, “Keindahan dan kekayaan alam akhirnya terabaikan dengan kegaduhan politik, dan kesibukan para elit berebut kekuasaan, jika semua hanya sibuk berebut kekuasaan dan pengaruh maka ujung ujungnya pasti rakyatlah yang dirugikan”, tuturnya.

Oleh sebab itu, sambung Rifai, menjaga ukhuwah dan persaudaraan dalam arti menjaga akhlak dan perilaku serta tutur kata, akhlak yang baik akan berbuah persaudaraan yang manis, sebaliknya akhlak yang buruk akan berbuah pahit berupa kebencian, pertikiaan dan perpecahan.

Mengakhiri khutbahnya, Rifai menjelaskan hewan kurban yang dapat dikurbankan adalah domba yang genap berusia enam bulan, atau kambing yang genap berusia setahun dan sapi yang genap berusia dua tahun, ini perhitungan hijriyah, tidak cacat atau berpenyakit.

Penulis : Ucu

Editor : Muh. Basir

Pos terkait