Kritik Video Gancet Gus Idris, NU: Ini Orang Memang licik

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Sebuah video viral memperlihatkan Youtuber, Idris Al Marbawi, dengan nama akun Gus Idris Official membuat konten berisi pasangan sedang berzinah dan mengalami gancet. Ternyata video yang sudah viral ini hanyalah ilustrasi agar menjadi renungan tidak melakukan tindakan zinah.

Sekretaris Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kabupaten Malang, Zulham Mubarak mengatakan Idris cukup licik dalam mengunggah postingan ini. Dia tidak memberikan tulisan langsung di video bahwa adegan yang dia lakukan hanyalah ilustrasi. Idris hanya menulisnya disclaimer di deskripsi keterangan video itu.

Bacaan Lainnya

“Ini orang memang licik. Di dalam keterangan video ada disclaimer tetapi tidak ditampilkan di video. Hanya ditempelkan di keterangan disclamer bahwa video ini ilustrasi tetapi tidak menempel di video,” kata Zulham, Kamis, 9 September 2021.

Zulham mengingatkan, bahwa Idris adalah tersangka atas kasus video hoax penembakan dirinya. Video itu juga sempat viral mirip dengan video pasangan zinah gancet. S

Saat itu, Idris tidak ditahan karena berbagai pertimbangan. Dia juga mengakui kesalahan membuat konten bohong dan tidak akan mengulanginya.

“Padahal video ini bisa diedit dan disebarluaskan, jadi keterangan bahwa ini ilustrasi tidak ditempelkan di videonya. Ini kan nakal. Memang sengaja diseting supaya viral lalu kemudian tidak ada tuntutan hukum karena disclamer bahwa video ini ilustrasi belaka,” ujar Zulham.

Dalam video itu, Idris melakukan ceramah kepada pasangan zinah yang hanya ditutupi oleh selembar selimut. Zulham menilai dakwah yang dilakukan Idris kurang tepat. Karena pemeran video gancet tidak dijelaskan apakah pasangan suami istri atau bukan.

Meskipun pemeran video itu adalah pasangan sah, tidak tepat jika mendidik agar menghindari zinah dengan mempertontonkan adegan zinah.

“Dan yang jadi masalah adalah apakah boleh melakukan ilustrasi kegiatan maksiat. Yang diproduksi untuk mendidik, ini kan tidak boleh. Apalagi video ini tidak jelas laki-laki dan perempuan itu mukrim atau bukan. Lalu ditutupi selimut, kita juga tidak tahu dia pakai baju atau tidak.”

“Kalau pun dia suami istri apa boleh melakukan hal seperti itu mempertontonkan adegan dalam rangka mendidik. Ini kan sama dengan adegan ciuman tidak boleh tapi dilakukan dalam rangka mendidik. Ini namanya bermain-main,” tutur Zulham. [*]

 

 

 

 

viva

 

Pos terkait