Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia, Ini Cara Prabowo – Sandiaga Berantas Korupsi

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Peringatan Hari Anti-korupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember, diperingati untuk meningkatkan kesadaran anti-korupsi di seluruh dunia.

Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahudin Uno memaparkan upayanya untuk memberantas para koruptor di Indonesia. Bagaimana cara Sandiaga berantas korupsi?

Bacaan Lainnya

1. Memangkas biaya politik

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan pihaknya akan memotong ongkos politik dalam pencalonan kepala daerah, yang biasa dilakukan partai politik.

“Seperti kepala daerah, bagaimana biaya politiknya agar tidak mahal, sehingga mereka harus meminjam uang, dan akhirnya membayar utangnya itu dengan kebijakan. Ini harus kita putus,” ujar Sandi di Jalan Salak, Babakan, Bogor, Jawa Barat, Minggu 9 Desember 2018.

2. Sandi mengajak semua pihak berkontribusi dalam pemberantasan korupsi

Selain itu, Sandiaga juga mengimbau kepada semua pihak untuk terlibat dalam memberantas tindak korupsi.

“Kita harus berani hadirkan satu forum untuk semua pemangku kepentingan duduk, karena akar permasalahan ini belum terselesaikan. Jadi kita harus melakuakan pencegahan dengan cara memomtong siklus korupsi ini,” papar dia.

3. Sandiaga setuju dengan usulan KPK untuk membuat e-catalog, e-planning, dan e-budgetting

Sandiaga setuju dengan usulan Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif, yang berharap agar pemerintah pusat dan daerah membuat kebijakan e-catalog, e-planning, dan e-budgetting.

“Setuju kita sudah lakukan itu, di DKI waktu itu, dan alhamdulillah waktu itu banyak sekali sistem yang sangat terbuka dan transparan bisa mencegah korupsi,” ujar dia.

4. Prabowo-Sandiaga berkomitmen menghadirkan pemerintahan yang bersih

Menurut Sandiaga, dengan usulan KPK tersebut, ia berharap agar korupsi tidak ada lagi di Indonesia.

“Kita harapkan ini juga bisa sebagai komitmen Prabowo-Sandi ke depan, untuk menghadirkan pemerintahan yang bersih,” tutup Sandi.

5. Visi misi Prabowo-Sandi di bidang pencegahan korupsi

Dalam visi misinya di bidang politik, hukum, dan pertahanan keamanan, Prabowo-Sandiaga memprogramkan pencegahan praktik korupi dalam birokrasi.

Pencegahan praktik korupi dalam birokrasi itu melalui penerapan manajemen terbuka dan akuntabel, termasuk kerja sama dengan KPK, Polri, Kejaksaan, dan Kehakiman.

Pos terkait