Rutan Enrekang Kordinasi Dengan PN Enrekang Terkait Over Staying

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Kepala Rutan Enrekang Tubagus M Chaidir A.Md IP SH MH berkordinasi dengan Ketua Pengadilan Negeri Enrekang terkait Over Staying (habis masa penahanan). Kegiatan ini juga bertujuan untuk memenuhi target kinerja B12. Senin 23 Desember 2019.

Sesuai dengan Surat Mahkamah Agung Republik Indonesia Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, dengan Nomor Surat : 1277/DJU/HK.00.1/11/2019 dengan perihal kewajiban penyampaian petikan putisan kepada Lembaga Pemasyarakatan

Bacaan Lainnya

Sesuai hasil kajian FGD MAHKUMJAKPOL yang ditindaklanjuti oleh KPK Republik Indonesia dalam bentuk rapat kordinasi pada tgl 27 November 2019 dengan pokok pembahasan penangan tahanan yang habis masa penahanannya (overstay) di karenakan lembaga pemasyaaakatan tidak menerima petikan langsung dari pengadilan negeri.

Overstaying malah dipandang sebagai salah satu penyebab jumlah penghuni penjara melebihi kapasitas. Overstaying terjadi jika narapidana masih tetap ditahan padahal seharusnya sudah dibebaskan atau dilepaskan.

Sebab overstay tahanan terjadi akibat persoalan administrasi peradilan hukum yang tidak efektif, terkait masa penahanan di Lapas dan Rutan.

Penanganan overstay perlu dukungan dari semua pihak penegak hukum yang terlibat. Khususnya instasi yang memiliki tahanan yang dititipkan dan ditempatkan. Di Lapas ataupun Rutan untuk terus berkoordinasi terkait masa penahan

Penting mengedepankan koordinasi dalam penanganan overstay untuk menghindari penyalahgunaan wewenang dalam proses penegakan hukum.(*)

Pos terkait