Saatnya Indonesia Bebas TBC Mulai dari Saya

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Rutan Kelas IIB Enrekang Melaksanakan Penyuluhan Tentang tuberculosis  (TBC) di Aula Rutan Enrekang,  kegiatan ini merupakan peringatan Hari TBC Sedunia yang diperingati pada 24 Maret 2019. Peringatan ini mengusung tema Saatnya Indonesia Bebas TBC, Mulai dari Saya,  Kamis 28 Februari  2019.

Terlihat Bpk. Ka.Rutan Enrekang Tubagus M. Chaidir A.Md IP SH MH, Hadir dalam acara tersebut dan memberikan sambutannya, dan Ka.subsi Pelayanan Tahanan Hasbih SH serta Ibu -Ibu Puskesmas Kota Enrekang dalam hal ini diwakili.

Bacaan Lainnya

Ibu Ratna Penangung jawab Program Penangulangan TBC, Ibu Armi, Penangungjawab HIV , dan Ibu Siska, Pelaksana Program Penangulangan TBC.

Sekitar 200 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mengikuti kegiatan tersebut.

TBC atau tuberculosis adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui saluran udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, dan organ lainnya.

gejala TBC bisa berupa batuk yang berlangsung 2 minggu atau lebih, dahak atau batuk darah, sesak napas, demam atau meriang, berkeringat di malam hari tanpa ada aktivitas fisik, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, lelah dan lemah.

“Kami mengucapkan terimah kasih atas kerjasama Sosialisasi tentang penyakit TBC untuk Rutan dan Puskesmas Enrekang dlm penyuluhan tetang Pencegahan Tentang TBC, Semoga bermanfaat untuk warga binaan dan petugas dalam menjaga kebersiha, kesehatan, dan Lingkungan, khususnya didalam Rutan dan meningkatkan kerjasama di bidang program kesehatan kedepannya lagi” ujar Ka. Rutan Enrekang Tubagus M. Chaidir. (*)

Pos terkait