Enam Kali Depo Terbakar, Erick Thohir Tak Segan Pecat Dirut Pertamina

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Kebakaran yang terjadi di depo ataupun kilang minyak Pertamina tercatat sudah 6 kali terjadi, termasuk kejadian kedua kalinya di Depo Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat malam (3/3).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyatakan, evaluasi akan dilakukan terhadap kejadian kebakaran yang telah berulang kali terjadi.

Bacaan Lainnya

“Saya akan review. Saya sudah minta investigasi, dan pasti kita lihat apakah ada perbandingan untuk jangka menengah,” ujar Erick saat mengunjungi korban kebakaran Depo Plumpang di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jalan Kyai Maja No. 43, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu sore (4/3).

Ia bahkan menegaskan, sanksi yang akan dijatuhkan Kementerian BUMN kepada pihak direksi, apabila ditemukan ada suatu unsur yang yang terbukti salah, mengharuskan adanya pemecatan.

“Kalau saya selalu bilang, kan saya udah pernah copot direksi Pertamina kan. Ya kalau saya mesti copot lagi, ya saya copot lagi,” katanya.

Meski begitu, Erick menekankan sanksi terhadap direksi bukanlah satu penyelesaian dalam kejadian kebakaran depo dan atau kilang minyak Pertamina.

“Tetapi penyelesaiannya itu kan tidak hanya saling menyalahkan,” sambungnya.

Sebagai contoh, Erick menyebutkan satu langkah evaluatif yang bisa dilakukan pihaknya untuk memastikan kejadian kebakaran pada depo atau kilang minyak Pertamina tak lagi terulang.

“Saya meminta, dan tadi pagi saya sudah telepon seluruh BUMN seperti Mind ID, Pertamina, PLN, Pupuk, harus membentuk yang namanya tim risiko bisnis. Tidak hanya di keuangan tapi juga di operasional secara menyeluruh. Karena ini ada aset vital nasional,” demikian Erick menambahkan.

Adapun berikut ini kejadian kebakaran depo dan atau kilang minyak Pertamina sebanyak 6 kali. Tepatnya di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, pada 18 Januari 2009; Depo Pertamina Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18 Januari 2010.

Kilang Minyak Unit IV Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, pada 16 November 2021; Depo Pertamina di Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat pada 14 Mei 2014; Kilang Minyak RU VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, pada 29 Maret 2021; dan Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, pada 3 Maret 2023

Source: RM

Pos terkait