Fisip UM Kendari Selenggarakan Magang Dan PKL Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari tengah melaksanakan 2 kegiatan di bidang akademik pada bulan Januari 2021, yaitu magang dan praktik kerja lapangan (PKL).

Pelaksanaan magang dilaksanakan pada beberapa instansi pemerintahan, baik di Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Pemerintah Kota Kendari dan beberapa Kabupaten di Sulawesi Tenggara.

Bacaan Lainnya

Kegiatan magang dilaksanakan terhitung mulai tanggal 25 Januari – 19 Februari 2021, namun khusus untuk instansi Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sultra dan BPK RI Perwakilan Sulawesi Tenggara pelaksanaan magang dimulai pada tanggal 1 Februari – 3 Maret 2021, sedangkan Untuk kegiatan PKL, dilaksanakan pada tanggal 22 – 24 Januari 2021 di Desa Tiraosu, Kecamatan Kolono, Kabupaten Konawe Selatan.

Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP UM Kendari, Bapak Abdul Rahman, S.Sos., M.Si. menjelaskan “magang bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa dengan dunia kerja yang bisa menjadi pilihan-pilihan tempat berkhidmat pasca mereka lulus. Selain itu, magang diharapkan dapat memberikan bekal pengalaman kerja bagi seluruh mahasiswa terutama yang berada di semester 7, sehingga pasca lulus, mereka dapat dengan mudah beradaptasi dengan iklim dunia kerja serta melatih keterampilan kerja khususnya yang relevan dengan bidang keilmuannya. Tidak menutup kemungkinan selama proses magang ada mahasiswa yang direkrut untuk bekerja di instansi tempat mereka magang. Meskipun kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari kurikulum lama (tahun 2018), namun magang sangat relevan dengan kebijakan terbaru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, mengenai program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar”.

Tambahnya, selain kegiatan magang kami juga melaksanakan kegiatan PKL, “Kegiatan tersebut merupakan program rutin tahunan bagi mahasiswa sebagai bagian dari proses pembelajaran matakuliah, dalam hal ini matakuliah Metode Penelitian Sosial, dan Pemerintahan Desa. PKL dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengaplikasikan dan merefleksikan materi-materi perkuliahan yang didapatkan sebelumnya di kelas, meskipun saat ini kelasnya berbentuk virtual. Untuk pelaksanaan PKL kali ini di tengah pandemic covid 19, maka seluruh peserta diwajibkan mematuhi protocol kesehatan dengan menjalankan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk menghidari penyebaran virus”, terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Tiraosu, Bapak Jumrin, S.Sos. menjelaskan, “Kami termasuk masyarakat sangat menyambut baik, dengan kehadiran mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Muhammadiyah Kendari yang melaksanakan praktik kerja lapangan di desa Tiraosu, baik untuk belajar maupun untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkontribusi positif bagi masyarakat terutama dalam penanaman nilai-nilai keagamaan”, terang Jumrin.

Program Magang diikuti oleh 91 orang mahasiswa yang seluruhnya telah menyelesaikan seluruh perkuliahan dan telah mengikuti Kuliah Kerja Amaliyah (KKA), sedangkan kegiatan PKL diikuti oleh 44 orang mahasiswa dan dibimbing oleh beberapa orang dosen yang dipimpin langsung oleh Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan, Abdul Rahman, S.Sos., M.Si.

 

Rahman

Pos terkait