Ini Dia Makanan Paling Enak Dimakan saat Musim Hujan

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Musim penghujan mulai tiba. Peralihan cuaca ini membuat suhu lingkungan lebih rendah dari biasanya. Tentu saja, hawa dingin dan peralihan cuaca menjadi masa-masa rawan penyakit.

Apalagi hujan tak bisa diprediksi. Bisa turun saat pagi, siang, malam, atau bahkan sepanjang hari. Kalau sudah begini, tubuh butuh makanan hangat supaya tak gampang sakit. Nah, berikut IDN Times rangkum beberapa makanan hangat yang cocok dikonsumsi pas musim hujan.

Bacaan Lainnya

1. Bakso

Dingin-dingin enaknya makan bakso, dong. Suara hujan dan cuaca dingin, semangkuk bakso bisa membuat tubuhmu hangat. Apalagi kalau kuahnya banyak. Hmmm, nikmat banget pastinya. Ada gak, warung bakso favorit kamu?

2. Soto

Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang bisa ditemukan dengan mudah. Makanan berkuah kuning ini memiliki racikan bumbu dan kekentalan kuah yang berbeda di setiap daerah. Misalnya, warna dan kekentalan soto Lamongan berbeda dengan Banjar atau Betawi. Nikmatnya kuah kuning soto yang hangat bisa balikin stamina kamu, nih.

3. Tahu campur

Makanan satu ini berasal dari Jawa Timur. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat tahu campur antara lain tahu goreng, perkedel, tauge, selada, dan mi kuning. Jangan lupa tambahkan kerupuk biar makin sedap. Lagi hujan? Makan tahu campur enak enak banget, tuh.

4. Bubur ayam

Bubur ayam dimakan saat pagi atau malam hari memang selalu nikmat. Apalagi kalau sedang hujan. Tubuhmu gak akan kedinginan, malah dihangatkan dengan bubur ayam. Jangan lupa tambahkan kerupuk ya!

5. Gulai

Makanan berbahan baku ayam, kambing, sapi, ikan, atau sayuran ini diolah dengan bumbu rempah yang gurih. Rempahnya terdiri dari kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, pala, dan sebagainya. Gulai ditambah nasi putih hangat akan lezat dimakan saat hujan turun, nih!

6. Nasi pindang

Nasi pindang khas Kudus, Jawa Tengah, ini enak banget kalau dikonsumsi saat hangat, apalagi kalau cuaca lagi dingin-dinginnya. Kuah pindangnya begitu sedap dan bikin nagih. Selain berisi nasi putih dan daging, makanan ini berisi daun melinjo atau daun so. Siapa yang pernah cobain?

7. Sup buntut

Aduh, kalau ini sih gak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Sup buntut diolah dengan bahan ekor sapi yang dicampur sayuran. Sedap dan nikmat bakal bikin lidah bergoyang.  Perut dimanjakan, tubuh juga dihangatkan.

Kalau kamu, mana yang jadi favorit saat suhu sedang dingin?

Pos terkait