Jokowi Akan Lakukan Swab Test Usai Bertemu Purnomo

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif corona. Padahal, Kamis pekan lalu, ia baru saja bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta.

Untuk mengantisipasi infeksi virus corona, Jokowi akan segera melakukan swab test Jumat (24/7) sore.

Bacaan Lainnya

“Kemungkinan Presiden akan melakukan tes kesehatan secara cepat, bisa kemungkinan sore ini, swab test. Akan secepatnya yang biasanya rutin berkala, sesuai jadwal dilakukan tim dokter kepresidenan untuk mencegah hal-hal yang kurang pas,” ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Tak hanya Jokowi, seluruh perangkat yang melekat pada Jokowi juga akan ditest swab. Hal ini sebagai antisipasi karena Achmad Purnomo baru saja bertemu Jokowi.

Hal ini juga untuk meluruskan berbagai persepsi bahwa Achmad Purnomo kemungkinan tertular setelah bertemu Jokowi.

“Kan seolah-olah Pak Wakil Wali Kota Solo setelah bertemu Pak Presiden, beliau positif, kan gitu ya. Seolah-olah dari Istana,” jelas Heru.

Lebih lanjut, mengenai kemungkinan orang-orang yang melekat dengan Jokowi positif corona, Heru menjelaskan ia baru saja mengikuti swab tes kemarin dan hasilnya negatif.

“Padahal saya kan selalu berinteraksi dengan Pak Presiden. Setiap hari bertemu dan saya bekerja di lingkungan Istana Presiden,” kata Heru.

“Kemarin diswab hasilnya negatif. Itu saja tolok ukurnya,” lanjut Heru.

Heru menjelaskan Jokowi selalu menerapkan protokol kesehatan ketat setiap kali menerima tamu. Setiap tamu yang masuk Istana wajib mengikuti rapid test. Selain itu, Jokowi dan perangkatnya yang melekat selalu rutin mengikuti swab test.

Dengan kabar bahwa Achmad Purnomo positif corona, maka jadwal Jokowi mengikuti swab test dipercepat.

Sebelumnya, kabar bahwa Achmad Purnomo positif corona disampaikan oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

“Betul, setelah menjalani tes kedua swab,” ujar Rudy, saat dihubungi, Jumat (24/7).

Kini, Purnomo langsung menjalani perawatan alias karantina mandiri di kediamannya. Belum diketahui apakah Achmad Purnomo akan dirujuk ke rumah sakit atau tidak. []

Pos terkait