Joni Bocah Pemanjat Tiang Bendera Akhirnya Bertemu Presiden Jokowi di Istana

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Presiden Joko Widodo mengundang Johanes Andi Gala alias Joni, siswa SMP yang memanjat tiang bendera untuk membetulkan tali putus saat upacara HUT ke-73 RI di Pantai Mota’ain, perbatasan NTT – Timor Leste. Joni tampak telah berada di dalam Istana Negara bersama dengan tim Paskibraka nasional, Senin 20 Agustus 2018.

Joni datang bersama kedua orang tuanya, Victorino Fahik Marcal (ayah) dan Ibunya Lorensa Kai Ili.

Bacaan Lainnya

Joni tampak duduk di meja bundar barisan terdepan di samping Tarisa Maharani Dewi, tim Paskibraka pembawa baki saat upacara bendera HUT ke-73. Meja tempat Joni duduk ini adalah meja VVIP yang akan diduduki Presiden dan Menteri.

Saat ini Joni bersama tim Paskibraka menunggu kedatangan Presiden Jokowi dalam rangka silaturahim.

Diberitakan sebelumnya, aksi Joni yang memanjat tiang bendera untuk membetulkan tali putus saat upacara pada Jumat (17/8/2018) lalu menjadi perhatian pemerintah. Dia diapresiasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Oleh Kemenpora, Joni diterbangkan ke Jakarta untuk menonton seremoni pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8).

Sebelum menyaksikan seremoni itu, Joni lebih dulu dijamu Menpora Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Sabtu siang. Saat bertemu sang menteri, Joni menceritakan pengalaman memanjat tiang bendera tersebut.

“Saya tidak memikirkan apa-apa dan tidak takut jatuh. Saya lepas sepatu langsung naik saja, talinya saya gigit karena ada bagian yang terlepas. Meskipun ada yang menyuruh saya turun, saya terus naik agar Bendera Merah-Putih terus berkibar,” kata Joni seusai bertemu menpora.

Joni menjelaskan, hobinya memanjat sudah ada sejak kecil. Ia sering memanjat pepohonan yang ada di dekat rumahnya.

“Saya sudah terbiasa memanjat seperti memanjat pohon Asem, panjat pinang, panjat pohon kelapa,” tambahnya.

Imam Nahrawi mengakui mengagumi keberanian Joni. Selain akan menonton pembukaan Asian Games, Joni juga akan diajak menemui Presiden Joko Widodo pada Senin (20/8) pekan depan.

“Joni akan saya ajak bertemu dengan presiden, dilanjutkan berkeliling arena dan pertandingan di Asian Games. Tapi nanti malam, Joni akan saya ajak untuk menyaksikan pembukaan Asian Games,” ujar Menpora.

Pos terkait