PT Pasangkayu Refresh dan Update Sumber Daya Kader Posyandu dan Kader Lingkungan di Desa Binaannya

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Meningkatkan mutu dan profesionalisme terhadap pelayanan kepada Kader Posyandu yang berada dalam wilayah Desa binaannya, PT Pasangkayu salah satu anak perusahaan PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk melakukan kegiatan refresh dan Update sumber daya Kader Posyandu dan kader lingkungan yang masuk dalam binaaanya dalam wilayah Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan panduan dalam pembentukan dan pelaksanaan program posyandu terpadu, memberikan pelayanan dan promosi kesehatan terhadap ibu hamil dan anak balita. Pada pertemuan kader kali ini, dibahas secara tuntas tentang posyandu dalam upaya merefresh ulang dan mengupdate informasi untuk para kader, termasuk kader baru untuk penyamaan persepsi dalam melaksanakan tugas di tempat masing-masing.

Bacaan Lainnya

Pertemuan ini dihadiri oleh beberapa elemen diantaranya Kepala Desa (Kades) Gunung Sari I Nyoman Sukariawan, Sekretaris Lurah Martajaya, Kepala Puskesmas dan Promkes Pasangkayu II, beberapa bidan Desa (Pembina posyandu), 16 Kader dari 8 posyandu yang masuk sasaran dalam kegiatan refresh kader yang berlangsung di ruang meeting Puskesmas Pasangkayu II, Sabtu (23/10-2021).

Kegiatan refresh kader kali ini diawali dengan sambutan kepala puskesmas Pasangkayu II, drg Mahbubah, yang menyampaikan ucapan terima kasihnya atas pelaksanaan kegiatan. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung yang bertujuan untuk pembinaan kader diwilayah kerjanya.

“Kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi para kader Posyandu dan semoga dapat terus berkelanjutan”, pintanya.

Sementara itu Asisten CSR, Ibu Kartina, dalam sambutannya menyampaikan beberapa program CSR yang telah dilaksanakan oleh PT Pasangkayu ke desa sekitar perusahaan utamanya bagi Desa Gunungsari dan Kelurahan Martajaya.

“Dalam memberikan pembinaan kepada Masyarakat dalam ring utama Perusahaan, PT Pasangkayu telah membuat beberapa terobosan melalui program CSR salah satunya kegiatan yang telah kita jalani saat ini”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, CDO Pasangkayu, Offier Paath, juga menjelaskan bahwa Menjadi kader pos pelayanan keluarga berencana terpadu (POSYANDU) bukanlah pekerjaan mudah, mereka dituntut memberikan pelayanan sekaligus penyuluhan kesehatan di setiap waktu pada masyarakat sekitar wilayah kerja kader. Maka keterampilan dalam penanganan kesehatan sangat diperlukan oleh seorang kader posyandu.

“Kader posyandu merupakan ujung tombak terwujudnya program keluarga sehat dan sejahtera di Wilayah Ring 1 PT Pasangkayu, oleh karena itu selaku penanggung jawab Program Astra Sehat PT Pasangkayu, Kartina (Ast. CSR PT Pasangkayu) bersama Kepala Polibun PT Pasangkayu, dr. Lidya, bekerjasama dengan Kepala UPTD Puskesmas Pasangkayu II melakukan kegiatan pertemuan kader posyandu eksternal binaan PT Pasangkayu untuk merefresh dan mengupdate SDM para kader dengan focus pada peningkatan SDM kader posyandu dan kader lingkungan”, jelasnya.

Sementara itu ucapan terima kasih juga dilontarkan Kades Gunungsari I Nyoman Sukariawan. Ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Desanya sangat mendukung setiap program perusahaan, hingga ia berharap PT Astra semakin jaya sehingga semakin besar dampak baik yang dapat diterima oleh masyarakat di Desa nya.

” Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dani Sitorus selaku Administratur PT Pasangkayu atas kepedulian beliau dan perusahaan terhadap masyarakat sekitar dimana program CSR ini sejalan pula dengan visi kami di Desa dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat Gunungsari ”, ucapnya sekaligus membuka acara secara simbolis.

Selesai sambutan pembukaan dilanjutkan dengan acara penyerahan seragam love pink dan tas ramah lingkungan kepada seluruh kader. Setelah acara penyerahan dilanjutkan dengan acara inti yang menampilkan pembicar yaitu Bidan Sumiati, dr Lidya Kepala Polibun PT Pasangkayu dan dilanjutkan materi penutup oleh drg Mahbubah.

Pos terkait