Sepanjang Penerapan PPKM, Ada 11.349 WNA Masuk Indonesia Lewat Bandara Soetta

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta melakukan pemantauan intensif pada pelaku perjalanan internasional di Bandara Soekarno-Hatta, serta mengawasi pelaksanaan Permenkumham 27/2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia selama penerapan Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Sam Fernando menjelaskan, dari yang tercatat pada sistem perlintasan kantor imigrasi Soekarno-Hatta, sepanjang 3 Juli hingga 12 Agustus 2021 sebanyak 11.349 Warga Negara Asing (WNA) yang memasuki wilayah Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Data statistik juga mencatat 25.932 Orang Asing telah meninggalkan Wilayah Republik Indonesia,” kata Sam Fernando dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (12/8).

Dari jumlah WNA yang meninggalkan Indonesia, kata Sam Fernando didominasi oleh WNA berkewarganegaraan Jepang sebanyak 4.373 orang, diikuti WNA asal Tiongkok berjumlah 3.367 orang, WN Korea Selatan sebanyak 1.904 orang, WN Amerika Serikat 1.833 sebanyak orang, dan WN Rusia sebanyak 980 orang.

“Kantor Imigrasi Soeakrno-Hatta juga telah menolak 87 Warga Negara Asing karena alasan keimigrasian, pemberlakuan Permenkumham 27/2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat,” demikian Sam Fernando.()

Source : RMOL

Pos terkait