Elang Terbesar di Dunia yang Mirip Manusia

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Menakjubkan sekaligus menakutkan. Barangkali itu yang ada di pikiran sebagian besar orang jika melihat langsung harpy eagle atau elang harpy.

Baru-baru ini, foto elang harpy viral setelah salah satu pengguna Twitter mempostingnya. Elang terbesar di dunia ini memang bikin orang yang melihatnya tercengang.

Banyak juga orang yang dibuat bingung, karena elang harpy terlihat seperti manusia menggunakan kostum burung. Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang burung langka ini, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Elang ‘raksasa’

Harpy adalah salah satu spesies elang terbesar. Seperti burung pemangsa pada umumnya, yang betina berukuran lebih besar dari yang jantan. Burung ini bisa tumbuh hingga berukuran tinggi 90-100 cm dengan berat hingga 9 kg. Untuk memperkirakan sebesar apa burung ini, berikut ini adalah perbandingan fotonya bersebelahan dengan manusia.

Foto: via Bored Panda

Dalam catatan ilmiah, elang harpy masuk dalam kelas Aves atau unggas. Berikut ini adalah detailnya:

Class: Aves
Order: Falconiformes
Family: Accipitridae
Genus: Harpia
Species: Harpia harpyja.

Foto: via Bored Panda

Lebar sayap hingga 2 meter

Saking besarnya, lebar sayap elang harpy jika dibentangkan bisa mencapai 2,24 meter. Ukurannya yang besar membuatnya tidak bisa terbang terlalu jauh. Mahkluk ini punya bulu berwarna abu-abu gelap dengan bagian bawah putih. Biasanya ada segaris bulu hitam melingkari lehernya dan pada beberapa jenis ada bagian bulu abu-abu yang membentuk seperti mahkota di kepalanya.

                      Foto: via Bored Panda

Makanan

Sebagai karnivora elang harpy berada di posisi sebagai pemangsa puncak. Makanan utama yang dimangsanya terutama adalah mamalia yang hidup di pohon seperti monyet. Terkadang mereka juga memangsa burung lain seperti macaw, dan reptil seperti iguana.

                     Foto: via Bored Panda

Habitat

Elang harpy hidup di Amerika Selatan, di negara-negara seperti Brasil, Ekuador, Guyana, Suriname, Guyana Prancis, Kolombia, Venezuela, Bolivia, Paraguay, Peru, dan timur laut Argentina. Spesies ini juga ditemukan di daerah Meksiko dan Amerika Tengah, meskipun populasinya jauh lebih kecil.

Foto: via Bored Panda

Ada 2 jenis

Ada dua jenis elang harpy, yakni jenis The American dan The Papuan. Perbedaannya hanya pada bulu di kepala. The Papuan memiliki bulu lebih lebar dibandingkan The American.

        Foto: via Bored Panda

Spesies langka

Saat ini jumlah elang harpy hanya tinggal 50 ribu di seluruh dunia karena habitatnya yang kian rusak. Umur elang harpy diperkirakan bisa mencapai 25-35 tahun.

Foto: via Bored Panda

Burung nasional Panama

Beberapa jenis burung identik dengan sebuah negara, bahkan ada yang dijadikan sebagai lambang negara, seperti Garuda milik Indonesia. Nah, elang harpy rupanya dinobatkan sebagai burung nasional Republik Panama.[dtk]

 

Pos terkait