Hari Santri Nasional, Bupati Maros : Mari Doakan Ulama dan Santri yang Syahid di Medan Perang

  • Whatsapp

Bupati Maros Chaidir Syam pimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Pallantikang (Foto : Ist)

Kumbanews.com – Upacara peringatan Hari Santi Nasional (HSN) 2022 tingkat Kabupaten Maros, digelar di Lapangan Pallantikang, Kecamatan Turikale, Sabtu pagi (22/10/2022).

Bacaan Lainnya

Upacara dipimpin langsung Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam dan dihadiri Wakil Bupati Suhartina Bohari.

Peringatan HSN ini diikuti ratusan santri dari berbagai pondok pesantren se-Kabupaten Maros.

Membacakan sambutan Menteri Agama, Chaidir Syam menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo melalui keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan 22 Oktober sebagai HSN. Hal ini merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Resolusi berjihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai hari Pahlawan.

“Sejak ditetapkannya pada 2015 lalu, setiap tahunnya kita selalu rutin menggelar peringatan HSN dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2022 ini peringatan HSN mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Melalui momen HSN 2022 ini, Chaidir Syam mengajak semua pihak bersama-sama mendoakan para pahlawan, terutama dari kalangan ulama,kiai hingga santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

Khusus di Kabupaten Maros, Chadir Syam berharap agar seluruh santri dan santriwati bisa terus berkiprah dan mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi di pesantren.

“Kita berharap semoga santri dan santriwati terus berkiprah dan mendapatkan pendidikan lebih baik lagi di pesantren agar kedepannya mereka bisa berkiprah dan menggapai cita-cita tertinggi,” ucapnya.

Chaidir juga mengatakan banyaknya pesantren di Kabupaten Maros, kedepannya bisa menjadikan Maros sebagai salah satu Kabupaten Santri di Sulawesi selatan.

“Kita harapkan dengan banyaknya pesantren di Maros ini, bisa jadi kabupaten santri di sulawesi selatan kedepannya,” pungkasnya.

Peringatan HSN 2022 di Lapangan Pallantikang ini, turut dihadiri Kepala Kemenag Maros Abdul Hafid M Talla, Dadim 1422/Maros Letkol Inf Muhammad Hujairin, serta para tokoh ulama se-Kabupaten Maros.

Source: MarosNews

Pos terkait