Penyidik Lakukan Tahap II, Kasus Penyelewengan Dana Anak Perusahaan Pelindo Segera Disidang

  • Whatsapp

Pegawai PT NTS, anak perusahaan PT Pelindo IV.

Kumbanews.com – Satu tersangka kasus penyelewengan dana oleh pegawai PT Nusantara Terminal Services, anak perusahaan PT Pelindo IV resmi ditahap dua oleh Penyidik Tindak Pidana Korupsi, Kejaksaan Tinggi Sulsel, Selasa (17/11).

Bacaan Lainnya

Kesipenkum Kejati Sulsel mengatakan, tersangka atas nama MR yang sebelumnya menjadi DPO kini ditahan selama 20 hari oleh Jaksa Penuntut Umum.

“Tahap dua sudah dilakukan untuk tersangka MR, pegawai PT NTS, anak perusahaan PT Pelindo IV yang Juni lalu kita amankan lantaran lari dari pemeriksaan penyidik Kejati Sulsel. Setelah perkaranya dinyatakan lengkap, tahap dua dilakukan dan dilanjutkan dengan penahanan selama 20 hari,” Ungkapnya.

Perwakilan Pelindo 1V Cabang Makassar

Dengan pelimpahan tahap dua tersebut lebih lanjut Idil mengatakan, Jaksa Penuntut Umum kemudian akan membawa tersangka MR ke Pengadilan Tipikor untuk menjalani sidang.

“Begitu selesai tahap dua, tentu tersangka akan disidang. Saat ini Dia akan didakwa dengan dua pasal. Pasal 2 dan pasal 3 Undang Undang Tindak Pidana Korupsi,” Benernya.

Adapun ancaman hukumannya, sesuai pasal yang dikenakan kata Idil lagi. Tersangka MR terancam penjara maksimal 20 tahun dan paling sedikit 1 tahun penjara.

Diketahui MR memang diduga terlibat kasus penyelewengan dana untuk sejumlah proyek PT Pelayaran Nasional Indonesia IV. Ia bersama Direktur PT NTS telah dijadikan tersangka kasus tersebut.

Dia terlibat dalam penyelewengan dana sejumlah proyek penyediaan dan pengangkutan material sirtu dan material project lainnya termasuk trading Kelapa Lokal dan trading Kelapa ekspor.

Akibat perbuatannya negara diduga mengalami kerugian cukup besar, lantaran keuntungan yang didapatkan tidak masuk sebagai pendapatan negara.

Ditempat terpisah GM Pelindo IV (Persero ) cabang Makassar, diwakili asisten manager SDM rumah tangga,ibu Ispati dan Pak Andi menyampaikan bahwa GM Pelindo, sedang rapat pembahasan anggaran dan nanti lain waktu ketemunya.”Ujar asisten Pelindo ibu Ispati, pada hari Kamis siang (19/11/2020).

Sementara Direktur PT. NTS melalui stafnya mengatakan, “Pak Dirut PT. NTS, lagi berada diluar kota. Ketusnya.  (Muh.Yusuf hafid)

 

 

 

 

Pos terkait