Satelit Mata-mata Korsel Sukses Kirim Foto Pyongyang dengan Jelas

  • Whatsapp

Kumbanews.com- Korea Selatan kembali mencapai tonggak sejarah baru. Satelit mata-mata militer pertama dilaporkan telah berhasil mengirim foto ibukota Korea Utara, Pyongyang, dengan jelas.

Korea Selatan meluncurkan satelit mata-mata perdananya pada 2 Desember 2023. Satelit itu Ditempatkan di orbit setelah diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg, California.

Bacaan Lainnya

Mengutip sumber militer, The Defense Blog mengungkap satelit elektro-optik dan inframerah (EO/IR) itu sudah mulai mentransmisikan citra satelit dari berbagai wilayah di Korea Utara, termasuk Pyongyang sebagai bagian dari uji transmisi awal. Sumber mengungkap foto-foto yang diambil dari satelit memiliki resolusi yang cukup baik dengan visibilitas yang jelas untuk wilayah pusat Pyongyang. Bahkan kapal-kapal di pelabuhan ikut tertangkap Citra. Kendati begitu, rincian mengenai foto-foto Pyongyang yang ditangkap citra satelit Korea Selatan tidak diungkapkan ke publik.

Pyongyang sendiri merupakan tuan rumah dari berbagai fasilitas penting pemerintahan Korea Utara, termasuk Markas Besar Partai Pekerja Korea (WPK) yang merupakan kantor Kim Jong Un. Diperkirakan foto-foto dengan resolusi yang lebih tinggi bisa dihasilkan dari satelit tersebut mulai bulan depan. Satelit ini diproyeksikan akan bertransisi ke fase misi pengintaian penuh pada bulan Juni atau Juli.

Setelah mencapai tahap operasionalnya, satelit buatan dalam negeri ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan Korea Selatan pada citra satelit Amerika Serikat (AS) untuk informasi intelijen mengenai Korea Utara, sehingga memperkuat otonomi Seoul dalam menghubungkan aktivitas di seluruh Semenanjung Korea.

Sumber: RMOL

Pos terkait