Lima Hari Festival F8, Transaksi Pengunjung Capai Rp 40 Miliar

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto Secara resmi menutup perhelatan Event International Eight Festival and Forum( F8 ) di Anjungan pantai Losari, Minggu ( 27/08/2023 ) Malam.

Sebelum menutup perhelatan acara F8 Makassar, Danny sapaan akrab Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan sambutan di hadapan para undangan festival f8.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan Danny Pomanto menyampaikan jumlah total pengunjung tahun ini ,selama 5 ( lima ) hari pergelaran F8 Makassar mencapai 500 ribu orang dan angka itu diketahui tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

” Tahun ini ada peningkatan pengunjung, dalam lima hari mencapai 500 ribu orang yang datang di festival F8 ini, ” ucap Danny.

Selain itu kata Danny, pada tahun depan F8 Makassar mungkin akan diadakan lebih cepat yakni Juli 2024. Hal itu untuk mengantisipasi agenda politik tahun depan.

“Dengan mengucapkan, bismillahirrahmanirrahim dengan turunnya bentangan layar di kapal Phinisih ini, maka pertanda F8 ditutup secara resmi,”tutur Danny, di acara closing Ceremony F8.

Selanjutnya Danny, F8 Makassar, benar benar memperlihatkan kualitasnya kali ini. Seperti performance para talant di tempat panggung F8 Makassar, kualitas pengunjung, talent serta anak anak Makassar yang memperlihatkan bakat makin hari semakin baik.

” Festival F8 Makassar adalah wajah kita hari ini. Wajah peradaban dan kebudayaan dan wajah kolaborasi,”terang Danny Pomanto,Wali Kota Makassar.

Meski begitu, pihaknya terus meminta masukan dan kritikan agar festival F8 kedepannya makin sempurna.

“Dengan transaksi sementara dihitung, mencapai Rp40 miliar lebih. Maka dari itu ini adalah komitmen kami untuk membuat F8 Makassar lebih nyaman membuat ruang yang lebih longgar,”ujarnya .

“Dengan itu kami, menghaturkan terima kasih kepada Bapak Kapolda Sulsel, Kapolrestabes Makassar yang telah mengawal pengamanan selama lima hari acara. Juga kepada TNI yang menjadi bagian kesuksesan acara ini. Kepada Pangkoopsau yang membuat F8 Makassar dengan pesawat tempur sehingga F8 Makassar menjadi lebih meriah,”ungkapnya.

Wali Kota Makassar juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada para tamu negara sahabat yang hadir di acara festival F8.

” Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada para tamu negara, kedutaan Besar Jepang, konjen Austalia, kedutaan Besar India,Amerika, Perancis, Malaysia, South Korea, Inggris, Belgia, Rusia, New Zealand dan Portugal. Dan juga kepada Fashion designer dari Laos, Singapura, Vietnam serta Filipina, ucapnya.

Ikutnya 16 peserta dari negara negara internasional ini membuat jumlah deretan partisipasi yang mana sebelumnya 9 negara.
Itu artinya ide lokal yang di canangkan di Makassar dapat dinikmati secara internasional.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Makassar, juga menyerahkan hadiah bagi tiga tenant dengan raihan transaksi Qris tertinggi. Kepada kedua pengunjung yang melakukan transaksi Via Qris terbanyak.

Diketahui F8 Makassar 2023,sebelumnya di buka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama walikota Makassar Danny Pomanto pada 23 Agustus dan berakhir 27 Agustus.

Usai penutupan festival F8, kemudahan para tamu undangan dan pengunjung disuguhkan dengan penampilan Anak Lorongna Makassar yang berjumlah 100 orang berpakaian hitam hitam, membawa gitar dan gendang sambil bernyanyi.

Lalu dikemudian tarian ikatan olahraga dance sport Sulsel, Busana dan disain Fashion juga penampilan Band Makassar Uye, dengan lantunan lagu hitsnya lontara dan silariang untuk menghibur para tamu dan juga pengunjung.

Foto-foto penutupan Event International Eight Festival and Forum( F8 ) di Anjungan pantai Losari, Minggu (27/08/2023 ) Malam:

 

Pos terkait