KPK Bakal Usut Tuntas Dugaan Keterlibatan Menteri Agama soal Kasus Suap Kemenag

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diyakini bakal mengusut tuntas kasus seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi Kementerian Agama yang menyeret politisi PPP, Romahurmuziy.

Termasuk mengusut dugaan keterlibatan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin.

Bacaan Lainnya

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut, posisi menteri adalah hal yang strategis untuk mengambil kebijakan.

“KPK akan tetap kejar itu. Yang namanya korupsi enggak pernah diri sendiri, pasti melibatkan banyak pihak,” tegas Dahnil saat ditemui di Media Center Prabowo-Sandi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 18 Maret 2019.

Terlebih, lanjut mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah ini, semua jabatan penting di Kemenag melalui persetujuan dari Menag.

“Apalagi hari ini Pak Yasin yang mantan Irjen Kemenag ngomong, yang tanda tangan semua jabatan itu ditandatangani oleh Menteri Agama. Jadi pasti beliau tahu. Jadi ini masih dalam proses penyelidikan, kita serahkan pada KPK,” pungkasnya.

Romi terjaring OTT KPK di salah satu hotel di Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu. Selang 24 jam kemudian, dia ditetapkan sebagai tersangka penerima suap seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi di Kementerian Agama (Kemenag).

Anggota Komisi XI DPR RI iti diduga menerima uang sebesar Rp 156.758.000 dan dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak PIdana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Adapun dua tersangka pemberi suap adalah Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenang Jawa Timur, Haris Hasanuddin. Keduanya dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 huruf atau huruf b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Pos terkait