PWI Komitmen Cetak Wartawan Berwawasan Kebangsaan

  • Whatsapp

Kumbanews.com – PWI Pusat berupaya mengingatkan marwah PWI, yakni bukan sekadar tempat berlindung wartawan se-Indonesia, tetapi menjadikan insan-insan wartawan yang memiliki wawasan kebangsaan. Wujudnya diharapkan bisa tercemin dalam setiap tulisan atau konten yang dibuat wartawan Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun saat membuka Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) PWI 2024 di Candi Bentar Hal, Putri Duyung, Ancol, Minggu (18/2).

Bacaan Lainnya

Salah satu upaya untuk mencapainya, menurut Hendry, adalah meningkatkan kompetensi wartawan Indonesia. Salah satunya dengan menggiatkan uji kompetensi wartawan (UKW). Sebelumnya PWI sudah mulai menggelar UKW di 10 provinsi mulai dari Aceh sampai Papua bahkan Papua Selatan. Kemudian dari Sulawesi Utara sampai dengan NTT.

“UKW akan terus berlanjut mulai dari provinsi terujung barat, timur, utara dan selatan. Sehingga dalam waktu yang tidak lama akan menjangkau seluruh 38 provinsi ditambah cabang khusus PWI Surakarta,” kata Hendry dikutip Senin (19/2).

Program utama PWI Pusat lainnya adalah membuka Sekolah Jurnalisme Indonesia. Pembukaan Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) sudah dilaksanakan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Ristek di Bandung. Angkatan pertama diikuti 33 peserta dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Barat Selanjutnya, kata Hendry, SJI ini akan dilaksanakan di Provinsi Lampung kemudian di kepulauan riau dan juga di Jawa Tengah.

Hendry juga mengisyaratkan rencana penting lain yakni PWI Pusat akan mendirikan Graha Pers Pancasila di Yogyakarta.

Sumber: RMOL

Pos terkait