Peringatan Tsunami Dicabut Setelah Papua Nugini Diguncang Gempa 7 SR

  • Whatsapp

Kumbanews.com – Gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter (SR) mengguncang Papua Nugini pada Kamis pagi 11 Oktober 2018, pukul 07.00 pagi waktu setempat. Seperti dilaporkan The Guardian, otoritas berwenang menginformasikan bahwa tidak ada laporan mengenai kerusakan rumah warga maupun fasilitas publik.

1. Sempat ada peringatan tsunami

Bacaan Lainnya

Meski secara skala gempa tersebut terbilang kuat, tapi rupanya warga tidak terlalu merasakan getarannya. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga sempat memperingatkan bahwa gelombang setinggi 30cm kemungkinan bisa menerjang pesisir Papua Nugini dan Kepulauan Solomon. Namun, tak berapa lama kemudian, peringatan tersebut dicabut.

2. Gempa tersebut diikuti gempa-gempa susulan

Berdasarkan laporan, gempa itu awalnya tercatat berkekuatan 7,3 Skala Richter, tapi kemudian dikoreksi. ABC News melaporkan bahwa gempa itu diikuti oleh dua gempa susulan berkekuatan lebih dari 5 skala richter.

3. Pada Februari lalu Papua Nugini juga diguncang gempa dahsyat

Ini merupakan gempa besar kedua yang mengguncang Papua Nugini dalam waktu kurang dari setahun. Sebelumnya, pada Februari lalu sebuah gempa berkekuatan 7,5 SR juga dirasakan oleh warga. Setidaknya 100 orang dilaporkan meninggal karena gempa itu.

Pos terkait